Download RPP PJOK DARING FORMAT 1 LEMBAR K13 REVISI 2020 SMK KELAS X dan XI Semester 1 dan 2

Hai sahabat PJOK-IN, terima kasih sudah berkunjung di blog ini. Pada kesempatan kali ini mimin akan berbagi mengenai Perangkat pembelajaran yang biasa di susun oleh seorang pendidik salah satunya adalah RPP (Rencana Pelaksanan Pembelajaran).
Seiring berjalannya waktu, RPP mengalami pembaharuan-pembaharuan yang pastinya bertujuan utamanya agar membantu proses pembelajaran lebih baik. 
Pada akhir tahun 2019, Bapak Nadim Anwar Makarim selaku Mendikbud membuat kebijakan baru tentang Format RPP. Beliau menerbitkan Surat Edaran Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan RPP. Bahkan pak mentri juga mengatakan dalam pidatonya bahwa RPP cukup satu halaman saja. Tetapi RPP tetap harus berkualitas dan mengacu pada kompetensi dasar muatan kurikulum yang dipelajari.
Di dalam Surat Edaran tersebut, disampaikan beberapa hal sebagai berikut.
  1. Penyusunan Rencana Pelaksanan Pembelajaran (RPP) dilakukan dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada peserta didik.
  2. Bahwa dari 13 (tiga belas) komponen RPP yang telah diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, yang menjadi komponen inti adalah : tujuan pembelajaran, langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran, dan penilaian pembelajaran (assesment), sedangkan komponen lainnya bersifat sebagai pelengkap.
  3. Sekolah, kelompok guru mata pelajaran sejenis dalam sekolah, Kelompok Kerja Guru/Musyawarah Guru Mata Pelajaran (KKG/MGMP), dan individu guru secara bebas dapat memilih, membuat, menggunakan, dan mengembangkan format RPP secara mandiri untuk sebesar-besarnya keberhasilan belajar peserta didik.
  4. RPP yang telah dibuat tetap dapat didigunakan dan dapat pula disesuaikan dengan ketentuan sebagaimana dimaksud pada angka 1, 2, dan 3.
1. Dasar pertimbangan penyederhanaan RPP
Dasar pertimbangan penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah guru sering diarahkan untuk menulis RPP dengan sangat rinci. Akibatnya, kegiatan menulis RPP dengan sangat rinci tersebut menghabiskan waktu, yang seharusnya bisa difokuskan untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu sendiri.

2. Prinsip Efisien, Efektif, dan Beorientasi pada Peserta Didik
Penyusunan RPP harus memperhatikan 3 (tiga) prinsip utama, yaitu efisien, efektif, dan berorientasi pada peserta didik.
  • Efisien, berarti penulisan RPP dilakukan dengan tepat dan tidak banyak menghabiskan banyak waktu dan tenaga.
  • Efektif, berarti penulisan RPP dilakukan untuk mencapai tujuan pembelajaran
  • Beorientasi pada Peserta Didik, berarti penulisan RPP dilakukan dengan mempertimbangkan kesiapan, ketertarikan, dan kebutuhan belajar peserta didik di kelas.
3. RPP bisa dibuat Satu Halaman
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) bisa saja dibuat hanya satu halaman, asalkan sesuai dengan prinsip efektif, efisien, dan berorientasi pada peserta didik. Penyederhaan RPP tidak memerlukan persyaratan jumlah halaman.

4. Tidak ada standar baku format penulisan RPP
Tidak ada standar baku dalam penulisan RPP. Guru bebas membuat, memilih, mengembangkan, dan menggunakan RPP sesuai dengan prinsip efektif, efisien, dan berorientasi pada peserta didik.

5. RPP lama tetap dapat digunakan
Guru tetap dapat menggunakan format RPP yang sudah dibuat sebelumnya. Guru juga dapat memodifikasi format RPP yang sudah dibuat sesuai dengan prinsip efektif, efisien, dan berorientasi pada peserta didik.
6. Jumlah komponen RPP yang disederhanakan

Terdapat tiga komponen inti pada RPP yang mengalami penyederhanaan, yaitu :
a. tujuan pembelajaran;
b. langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran; dan
c. penilaian pembelajaran (assesment).

Bagi bapak dan ibu pendidik yang memerlukan RPP PJOK Daring Format 1 Lembar K13 Revisi 2020 SMK kelas X Semester 1 dan 2, silahkan dapat file lengkapnya di bawah ini:
  1. RPP PJOK Daring Format 1 Lembar K13 Revisi 2020 SMK kelas X Semester 1 (Lihat)
  2. RPP PJOK Daring Format 1 Lembar K13 Revisi 2020 SMK kelas X Semester 2 (Lihat)
Bagi bapak dan ibu pendidik yang memerlukan RPP PJOK Daring Format 1 Lembar K13 Revisi 2020 SMK kelas XI Semester 1 dan 2, silahkan dapat file lengkapnya di bawah ini:
  1. RPP PJOK Daring Format 1 Lembar K13 Revisi 2020 SMK kelas XI Semester 1 (Lihat)
  2. RPP PJOK Daring Format 1 Lembar K13 Revisi 2020 SMK kelas XI Semester 2 (Lihat)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Download RPP PJOK DARING FORMAT 1 LEMBAR K13 REVISI 2020 SMK KELAS X dan XI Semester 1 dan 2"

Post a Comment