Soal dan Kunci Jawaban Test Formatif PPG Dalam Jabatan (Soal Pedagogik Modul 1,2,3)

Test Formatif Modul 1 Kegiatan Belajar 1
Question 1 (1 point)
Teknologi dan media berperan penting dalam proses peningkatan kualitas hidup manusia, tidak terkecuali dalam dunia pendidikan. Teknologi dan media memiliki sumber daya besar untuk mempengaruhi pikiran dan perilaku khalayak, termasuk guru dan siswa dalam suatu proses komunikasi pendidikan. Asumsi tersebut merupakan pernyataan teoretik dari:
⦿ Diterminisme ICT
⦿ Diterminisme budaya
⦿ Diterminisme teknologi dan efek media
⦿ Diterminisme teknologi
⦿ Diterminisme sosial

Question 2 (1 point)
Sebagai sebuah karya peradaban mutakhir, TIK berkembang pesat dalam perannya sebagai fasilitator pembelajaran. TIK pun juga bisa menjadi media itu sendiri, yang disebut sebagai?
⦿ Media konvergensi
⦿ Media Berbasis web
⦿ Media Berbasis TIK
⦿ Multimedia
⦿ Media transformasi

Question 3 (1 point)
Guru menunjukkan pengetahuan, keterampilan, dan proses kerja yang mewakili profesional inovatif dalam masyarakat global dan digital, merupakan deskripsi dari standar
⦿ Memfasilitasi pembelajar kekinian
⦿ Model Kerja dan Belajar Digital-Age
⦿ Memfasilitasi dan Menginspirasi Pembelajaran dan Kreativitas Siswa
⦿ Mempromosikan dan Model Digital Citizenship dan Tanggung Jawab
⦿ Memfasilitasi dan Menginspirasi Pembelajaran dan Kreativitas Siswa.

Question 4 (1 point)
Mediatisasi adalah sebuah proses dinamis dalam hubungan antara keberadaan media di tengah masyarakat yang bersifat insitusional. Di sini media yang mulanya merupakan hasil temuan ilmu pengetahuan dan teknologi kemudian berkembang menjadi institusi sosial, yang kemudian juga terlibat dalam pergulatan hubungan dengan institusi sosial lainnya, termasuk dalam lembaga sekolah. Ciri utama mediatisasi dalam konteks pembelajaran adalah
⦿ Media terus berkembang sebagai institusi otonom dan mengancam keberadaan dan peran guru dalam proses pembelajaran.
⦿ Media sangat bergantung pada kemampuan dan motivasi guru guru
⦿ Media menjadi insitusi otonom atau indipenden terhadap lembaga sekolah dan kemudian menjadi lebih terintegrasi dengan institusi pendidikan.
⦿ Media tidak bersifat menentukan terhadap perilaku guru dan siswa, karena menempatkan siswa sebagai subyek aktif dalam menerima pesan media.
⦿ Media bergantung pada kebijakan lembaga sekolah dalam perannya sebagai komponen dalam pembelajaran.

Question 5 (1 point)
Penetrasi TIK dalam pembelajaran semakin mendorong lembaga sekolah memanfaatkan teknologi canggih ini. Bukan saja sumber daya TIK memang begitu besar untuk memberikan kontribusi terhadap kualitas pembelajaran, tetapi sebagai bagian dari revolusi industri 4.0 siapa pun tidak bisa menghindar terhadap hadirnya gelombang baru ini. Dari sudut pandang teknologi pendidikan, TIK memang terbukti memiliki sumber daya besar untuk membantu peningkatan kualitas pembelajaran. Atas dasar argument itu, mana pernyataan berikut yang Anda anggap benar?
⦿ Sebagai guru abad 21, guru harus menyesuaikan diri dengan cara kerja logika teknologi dan media, sehingga bagaimanapun guru harus mengikuti kehendak teknologi dan media.
⦿ Guru sampai kapan pun tetap merupakan kekuatan tersendiri dalam proses pembelajaran, sehingga kehadiran TIK tidak perlu diperhitungkan karena teknologi dan media tidak bisa mengganti peran guru dalam proses pembelajaran.
⦿ Perangkat TIK perlu dikendalikan pemanfaatannnya di sekolah supaya tidak menimbulkan pengaruh buruk
⦿ Tidak ada satu kekuatan apa pun yang bisa menghentikan pengaruh teknologi dan media dalam dunia pendidikan, karena itu guru harus beradaptasi dengan perkembangan baru ini.
⦿ Kehadiran TIK ini tidak harus dihadapkan secara frontal pada peran guru, karena TIK bisa berjalan secara pararel dan saling mengisi di antara peran guru dan peran teknologi serta media untuk memecahkan problem pembelajaran.

Question 6 (1 point)
Salah satu pemanfaatan utama media dan teknologi informasi dalam kehidupan sehari-hari di bidang pendidikan pada era digital ini adalah
⦿ Sebagai media hibran
⦿ Sebagai media promosi
⦿ Sebagai media komunikasi
⦿ Sebagai media literasi
⦿ Sebagai media sumber belajar

Question 7 (1 point)
Peserta didik di era digital dapat menggunakan perangkat nirkabel bergerak (internet) sebagai media peralatan interaktifk apanpun dan dimanapun saat diperlukan. Hal ini merupakan salah satu bentuk kegiatan belajar yang dapat dilakukan dengan memanfaatkan media digital berbasis komputer yang disebut
⦿ Situational tools
⦿ Interacting with others
⦿ Independent tools
⦿ Interactive tools
⦿ Alternative tools

Question 8 (1 point)
Berikut yang bukan situs media interaktif berbasis web dan media sosial yang dapat dimanfaatkan guru sebagai sarana belajar dalam komunitas belajar di seluruh penjuru dunia
⦿ wiki
⦿ podcast
⦿ blog
⦿ web
⦿ proquest

Question 9 (1 point)
Berikut yang bukan termasuk kemampuan yang harus dimiliki guru dalam pengembangan pembelajaran di era digital adalah
⦿ Personal Response System (PRS)
⦿ Interactive Instruction (Pembelajaran Interaktif)
⦿ Community of Practice (Komunitas Praktik)
⦿ Interactive Instruction and Personal Response System
⦿ Interacting with others

Question 10 (1 point)
Ilustrasi dari pesatnya penggunaan media dan teknologi digital dalam kehidupan sehari-hari pada abad 21 ditandai dengan
⦿ Semakin merosotnya nilai-nilai karakter siswa
⦿ Keterampilan motorik siswa yang mulai terlihat dalam kegiatan pembelajaran
⦿ Peningkatan penggunaan media sosial untuk melakukan interaksi sosial terkait komunitas belajar peserta didik di seluruh penjuru dunia.
⦿ Hasil belajar siswa yang mulai meningkat setelah menggunakan media dan teknologi digital.
⦿ Interpersonal skill siswa yang mulai nampak dalam kehidupan sehari-hari

Test Formatif Modul 1 Kegiatan Belajar 2
Question 1 (1 point)
File multimedia berbasis internet yang diformat untuk dapat diunduh langsung ke perangkat seluler adalah pengertian dari
⦿ web
⦿ blog
⦿ podcast
⦿ wiki
⦿ html

Question 2 (1 point)
Guru secara terus menerus meningkatkan praktik profesional mereka, memodelkan pembelajaran seumur hidup dan memamerkan para pemimpin dalam komunitas sekolah dan profesional mereka dengan mempromosikan dan mendemonstrasikan penggunaan alat-alat digital dan sumber daya dengan cara
⦿ mempromosikan dan model digital citizenship dan tanggung jawab
⦿ interaktif dan komunikatif
⦿ terlibat dalam pertumbuhan dan profesional kepemimpinan
⦿ model kerja dan belajar digital-age
⦿ memfasilitasi dan menginspirasi pembelajaran dan kreatifitas siswa

Question 3 (1 point)
Salah satu pemanfaatan utama media dan teknologi informasi dalam kehidupan sehari-hari di bidang pendidikan pada era digital ini adalah
⦿ sebagai media promosi
⦿ sebagai sumber belajar
⦿ sebagai media interaktif
⦿ sebagai media literasi
⦿ sebagai media komunikasi

Question 4 (1 point)
Guru dalam pembelajaran berbasis digital menggunakan perangkat digital handlehand. Hal ini sesuai dengna peran guru dalam pembelajaran berbasis teknologi digital berupa
⦿ mobile tools
⦿ community of practice
⦿ mobile assessment tools
⦿ personal response system (PRS)
⦿ interactive instruction

Question 5 (1 point)
Salah satu contoh konkret penggunaan aplikasi untuk media pembelajaran yang digunakan guru saat pembelajaran di kelas pada era digital adalah
⦿ corel draw
⦿ power point
⦿ macromedia flash
⦿ MS word
⦿ wiki

Question 6 (1 point)
Peserta didik di era digital dapat menggunakan perangkat nirkabel bergerak (internet) sebagai media peralatan interaktif kapanpun dan dimanapun saat diperlukan. Hal ini merupakan salah satu bentuk kegiatan belajar yang dapat dilakukan dengan memanfaatkan media digital berbasis komputer yang disebut
⦿ interactive tools
⦿ situational tools
⦿ media tools
⦿ alternative tools
⦿ interacting with others

Question 7 (1 point)
Ilustrasi pesatnya penggunaan media dan teknologi digital dalam kehidupan sehari-hari pada abad ke 21 ditandai dengan
⦿ peningkatan penggunaan media sosial untuk melakukan interaksi sosial terkait komunitas belajar peserta didik di seluruh penjuru dunia
⦿ keterampilan motorik yang mulai terlihat dalam kegiatan pembelajaran
⦿ hasil belajar siswa yang mulai meningkat setelah menggunakan media dan teknologi digital
⦿ peningkatan game online dalam pembelajaran
⦿ interpersonal skill siswa yang mulai nampak dalam kehidupan sehari-hari

Question 8 (1 point)
Guru menunjukkan pengetahuan, keterampilan dan proses kerja yang mewakili profesional inovatif dalam masyarakat global dan digital merupakan deskripsi dari standar
⦿ mempromosikan dan model digital citizenship dan tanggung jawab
⦿ professional guru
⦿ memfasilitasi dan menginspirasi pembelajaran dan kreatifitas siswa
⦿ model kerja dan belajar digital-age
⦿ memfasilitasi dan menginspirasi pembelajaran dan kreatifitas siswa

Question 9 (1 point)
Berikut ini yang bukan situs media interaktif berbasis web dan media sosial yang dapat dimanfaatkan guru sebagai sarana belajar dalam komunitas belajar di seluruh penjuru dunia
⦿ web
⦿ blog
⦿ podcast
⦿ wiki
⦿ proquest

Question 10 (1 point) 
Berikut yang bukan merupakan kemampuan yang harus dimiliki guru dalam pengembangan pembelajaran di era digital adalah sebagai berikut
⦿ interactive instruction
⦿ dubbing
⦿ interacting with others
⦿ community of practice
⦿ personal response systsem

Test Formatif Modul 1 Kegiatan Belajar 3
Question 1 (1 point)
Rancangan pembelajaran abad 21 yang harus disiapkan guru mencakup tiga hal pokok berikut yang bukan termasuk tiga hal pokok tersebut...
Question 1 options:
⦿ masalah pembelajaran
⦿ inti materi pembelajaran
⦿ evaluasi pembelajaran
⦿ tujuan pembelajaran
⦿ strategi pembelajaran

Question 2 (1 point)
Model pembelajaran Cooperative Learning berikut yang paling sesuai untuk membelajarkan membaca dalam Bahasa Indonesia adalah....
Question 2 options:
⦿ Problem Solving
⦿ Contextual Learning
⦿ Cooperative Integrated Reading and Composition(CIRC)
⦿ Team Games Tournament(TGT)
⦿ Learning Cycle(Daur Belajar)
 
Question 3 (1 point)
Rancangan pembelajaran di abad ke 21 diharapkan dapat disusun oleh guru dengan tujuan untuk...
Question 3 options:
⦿ mengembangkan kreativitas dan inovatif siswa
⦿ menambah pengalaman dan pengetahuan guru
⦿ mencapai hasil pembelajaran yang optimal.
⦿ optimalisasi media berbasis online
⦿ mengembangkan potensi siswa melalui pemanfaatan teknologi berbasis komputer dan media online.

Question 4 (1 point)
Model pembelajaran yang sering diterapkan guru pada pembelajaran abad 21 diantaranya...
Question 4 options:
⦿ problem based learning
⦿ Inquiry
⦿ konvensional
⦿ diskusi
⦿ scientifik

Question 5 (1 point)
Mengapa dukungan infrastruktur pembelajaran berperan penting dalam pencapaian kompetensi di abad 21?
Question 5 options:
⦿ desain yang mempersulit berhubungan dengan dunia luar/komunitas yang lebih luas.
⦿ informasi tak terbatas
⦿ karena mencakup aspek desain yang fleksibel
⦿ karena menjadi faktor penunjang yang signifikan.
⦿ karena tidak memfasilitasi keterhubungan yang konstruktif

Question 6 (1 point)
Penyusunan rancangan pembelajaran pada Kurikulum 2013 tentang penilaian menyesuaikan karateristik belajar abad 21 bercirikan...
Question 6 options:
⦿ adanya diskusi
⦿ adanya kerjasama tim
⦿ adanya media teknologi berbasis online
⦿ adanya observer dalam pembelajaran
⦿ adanya penilaian autentik

Question 7 (1 point)
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah menyebutkan komponen rancangan pembelajaran berikut yang tidak termasuk komponen RPP yaitu...
Question 7 options:
⦿ materi pokok
⦿ penilaian kepala sekolah
⦿ identitas sekolah
⦿ metode pembelajaran
⦿ identitas mata pelajaran atau tema/subtema

Question 8 (1 point)
Siswa membuat keputusan, dan membuat kerangka kerja dan terdapat masalah yang pemecahannya tidak ditentukan sebelumnya. Hal ini merupakan ciri khas dari model pembelajaran...
Question 8 options:
⦿ Problem Based Learning
⦿ Cooperative Learning
⦿ Project Based Learning
⦿ Contextual Learning
⦿ Project Oriented Learning

Question 9 (1 point)
Berikut ini yang merupakan tipe pembelajaran Cooperative Learning...
Question 9 options:
⦿ QuantumLearning
⦿ Think-Pair-Share
⦿ Problem Solving
⦿ Project Based Learning
⦿ Contextual Learning

Question 10 (1 point)
Berikut karakteristik model suatu pembelajaran 1) Working autonomy 2) Practical relevance 3) Learning of soft skills 4) Cooperation of university and practice Model pembelajaran yang sesuai karakteristik di atas adalah...
Question 10 options:
⦿ Project Based Learning
⦿ Contextual Learning
⦿ Problem Based Learning
⦿ Project Oriented Learning
⦿ Cooperative Learning

Test Formatif Modul 2 Kegiatan Belajar 1
Question 1 (1 point)
Penjelasan tentang kompetensi dan kualifikasi guru terdapat pada
Question 1 options:
⦿ UU Sisdiknas Tahun 2003
⦿ Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No 23
⦿ PP No 19 tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan
⦿ Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No 24
⦿ Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 16 tahun 2007

Question 2 (1 point)
Memahami karateristik siswa dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosioal dan intelektual termasuk dalam kompetensi
Question 2 options:
⦿ Kepribadian
⦿ Sosial
⦿ Pedagogi
⦿ Professional
⦿ Kepribasian dan profesiaonal

Question 3 (1 point)
Berkomunikasi dengan orang tua siswa dan masyarakat secara santun, empatik, dan efektif tentang program pembelajaran dan kemajuan siswa, serta mengikutsertakan orang tua dan masyarakat dalam program pembelajaran dan dalam mengatasi kesulitan belajar siswa, merupakan kompetensi
Question 3 options:
⦿ Kepribadian
⦿ Sosial
⦿ Professional
⦿ Humanis
⦿ Pedagogik

Question 4 (1 point)
Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri termasuk dalam kompetensi
Question 4 options:
⦿ Intelektual
⦿ Sosial
⦿ Professional
⦿ Kepribadian
⦿ Pedagogik

Question 5 (1 point)
Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran merupakan kompetensi pedagogi pada aspek
Question 5 options:
⦿ Penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik
⦿ Penguasaan pada teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran
⦿ Penguasaan terhadap karateristik peserta didik
⦿ Pengembangan kurikulum
⦿ Melakukan tindakan reflektif

Question 6 (1 point)
Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mendorong peserta didik mencapai prestasi secara optimal dengan kreativitasnya termasuk kemampuan pedagogik pada aspek
Question 6 options:
⦿ Penguasaan pada teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran
⦿ Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik
⦿ Pengembangan kurikulum
⦿ Penguasaan terhadap karateristik peserta didik
⦿ Penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik

Question 7 (1 point)
Berikut yang bukan aspek penting dalam pengelolaan pembelajaran abad 21...
Question 7 options:
⦿ menerapkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking)
⦿ penguatan tugas utama guru sebagai perancang pembelajaran yang kreatif dan inovatif
⦿ mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran
⦿ menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi
⦿ menghindari penggunaan smartphone yang berlebihan dalam pembelajaran

Question 8 (1 point)
Indikator guru mampu memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran ditandai dengan
Question 8 options:
⦿ Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk merancang program remedial dan pengayaan
⦿ Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk menentukan ketuntasan belajar
⦿ Memanfaatkan informasi hasil penilaian dan evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
⦿ Mengkomunikasikan hasil penilaian dan evaluasi kepada pemangku kepentingan
⦿ Memanfaatkan hasil refleksi untuk perbaikan dan pengembangan pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu

Question 9 (1 point)
Menunjukan etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru dan percaya diri merupakan kompetensi
Question 9 options:
⦿ Professional
⦿ intelektual
⦿ Kepribadian
⦿ Sosial
⦿ Pedagogi

Question 10 (1 point)
Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dengan mengintegrasikan teknologi merupakan kompetensi inti pedagogik pada aspek
Question 10 options:
⦿ Penguasaan terhadap karateristik peserta didik
⦿ Penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik
⦿ Penguasaan pada teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran
⦿ berkomunikasi pada peserta didik
⦿ Pengembangan kurikulum

Test Formatif Modul 3 Kegiatan Belajar 1 
Question 1 (1 point)
Teori Stimulus dan respon merupakan teori dari aliran behavioristik, yaitu ...
Question 1 options:
⦿ Clasical conditioning
⦿ Operan conditioning
⦿ perfeksionisme
⦿ Koneksionisme
⦿ Teori belajar social

Question 2 (1 point)
Berikut ini merupakan ciri dari teori belajar behavioristik, kecuali ...
Question 2 options:
⦿ Kegagalan atau ketidakmampuan dalam menambah pengetahuan dikategorikan sebagai kesalahan, harus dihukum
⦿ Siswa diharapkan memiliki pemahaman yang sama dengan pengajar terhadap pengetahuan yang dipelajar
⦿ Kontrol belajar dipegang oleh Siswa
⦿ Disiplin dan aturan yang mengikat sangat penting untung pencapai tujuan pembelajaran
⦿ Tujuan pembelajaran menekankan pada penambahan pengetahuan

Question 3 (1 point)
Penguat negatif harus dikurangi agar respon yang diberikan berbeda, merupakan pendapat yang diberikan oleh …
Question 3 options:
⦿ Watson
⦿ Skinner
⦿ Slavin
⦿ Guthrie
⦿ Thorndike

Question 4 (1 point)
Di dalam kegiatan pembelajaran guru kurang memperhatikan perbedaan individual anak, maka anak ...
Question 4 options:
⦿ Memiliki rasa empati pada sesamanya
⦿ Sangat menghargai kesamaan
⦿ Penuh toleransi terhadap sesamanya
⦿ Senang membantu sesamanya
⦿ Dapat bekerja sama dengan anak lain

Question 5 (1 point)
Kurangnya motivasi belajar dan rendahnya pestasi belajar siswa lebih banyak disebabkan karena ...
Question 5 options:
⦿ Pembelajaran kurang menghargai perbedaan individu siswa
⦿ Suasana kelas kurang kondusif karena tidak tersedia sarana belajar yang lengkap
⦿ Siswa tidak mendapat bimbingan belajar dari orang tua
⦿ Siswa pasif dalam belajar dan lebih senang bemain
⦿ Siswa cenderung lebih suka belajar dalam kelompok

Question 6 (1 point)
Ketertinggalan Indonesia dari negara-negara lain di sektor pendidikan lebih banyak disebabkan oleh ...
Question 6 options:
⦿ Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat
⦿ Cenderung membentuk manusia yang sama kurang menghargai perbedaan
⦿ Bidang pendidikan dipandang kurang penting dibandingkan politik dan ekonomi
⦿ Pembangunan sumber daya alam yang lebih dominan daripada sumber daya manusia
⦿ Kurangnya fasilitas dan sarana pendidikan

Question 7 (1 point)
Kecenderungan guru untuk memberikan perlakuan yang sama terhadap anak-anak mengakibatkan anak
Question 7 options:
⦿ Ada toleransi terhadap anak-anak lain
⦿ Tidak menghargai perbedaan
⦿ Mampu bekerja sama dengan temannya
⦿ Anak dapat bekerja dalam kelompok dengan baik
⦿ Anak dapat bekerja sendiri-sendiri

Question 8 (1 point)
Tingkah laku baru dapat dipelajari jika dipecah menjadi bagian-bagian. Pernyataan ini merupakan teori behavioristik dari aliran…
Question 8 options:
⦿ Teori belajar social
⦿ Koneksionisme
⦿ Perfeksionisme
⦿ Operant Conditioning
⦿ Classical Conditioning

Question 9 (1 point)
Salah satu contoh aplikasi teori behavioristik dalam pembelajaran adalah …
Question 9 options:
⦿ Pembelajaran mandiri
⦿ Pembelajaran dengan sosial media
⦿ Pembelajaran dengan web
⦿ Pembelajaran dengan powerpoint
⦿ Pembelajaran kolaboratif

Question 10 (1 point)
"Segala sesuatu di alam telah terstruktur, teratur, dan rapi. Pengetahuan juga telah terstruktur rapi" merupakan pandangan dari teori…
Question 10 options:
⦿ Konstruktivistik
⦿ Kognitif
⦿ Kokonstruktivistik
⦿ Humanistik
⦿ Behavioristik

Lanjut!=====>>>>

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Soal dan Kunci Jawaban Test Formatif PPG Dalam Jabatan (Soal Pedagogik Modul 1,2,3) "

Post a Comment