Soal dan Kuci Jawaban Test Sumatif PPG Dalam Jabatan (Soal Pedagogik Modul 3)

Question 1 (1 point)
Di dalam kegiatan pembelajaran guru kurang memperhatikan perbedaan individual anak, maka anak ...
⦿ Senang membantu sesamanya
⦿ Penuh toleransi terhadap sesamanya
⦿ Memiliki empati yang tinggi
⦿ Sangat menghargai kesamaan
⦿ Dapat bekerja sama dengan anak lain

Question 2 (1 point)
Teori Stimulus dan respon merupakan teori dari aliran behavioristik, yaitu:
⦿ Operan conditioning
⦿ Koneksionisme
⦿ Clasical konditioning
⦿ Teori belajar social
⦿ Perfectionisme

Question 3 (1 point)
Berikut ini yang bukan merupakan prinsip-prinsip Classical conditioning menurut Elliot adalah…
⦿ Extinction
⦿ Deskriminasi
⦿ Generalisasi Rangsangan
⦿ Respon Terkondisi
⦿ Spontaneous recovery

Question 4 (1 point)
"Segala sesuatu di alam telah terstruktur, teratur, dan rapi. Pengetahuan juga telah terstruktur rapi" merupakan pandangan dari teori…
⦿ Humanistik
⦿ Behavioristik
⦿ Konstruktivistik
⦿ Kokonstruktivistik
⦿ Kognitive

Question 5 (1 point)
Tingkah laku baru dapat dipelajari jika dipecah menjadi bagian-bagian. Pernyataan ini merupakan teori behavioristik dari aliran…
⦿ Operan conditioning
⦿ Koneksionisme
⦿ Teori belajar social
⦿ Clasical conditioning
⦿ Perfeksionisme

Question 6 (1 point)
Guru harus berupaya agar siswa senang belajar, dengan cara siswa ...
⦿ mencari teman belajar yang sesuai
⦿ taat pada aturan-aturan belajar yang berlaku
⦿ mampu memanfaatkan waktu belajar dan bermain dengan baik
⦿ berani mengemukakan pendapat atau gagasannya pada teman dan guru
⦿ diberikan cukup banyak media pembelajaran

Question 7 (1 point)
Penyeimbangan tendensi bawaan untuk mengorganisasikan pengalaman agar mendapatkan adaptasi yang maksimal, dalam teori kognitif disebut…
⦿ Disequilibirasi
⦿ Interiorisasi
⦿ Akomodasi
⦿ Equiblirasi
⦿ Asimilasi

Question 8 (1 point)
Dalam teori kognitif, keadaan yang dipengaruhi oleh bagian otak sebelah kanan adalah…
⦿ Interiorisasi
⦿ Asimilasi
⦿ Akomodasi
⦿ Disequilibirasi
⦿ Equiblirasi

Question 9 (1 point)
Pemikiran prakonseptual dan periode pemikiran intuitif merupakan bagian dari tahap-tahap perkembangan Piaget, yang berada pada tahapan…
⦿ intuitif
⦿ Sensori motor
⦿ Pra-operasional
⦿ Operasi Formal
⦿ Operasi Kongrit

Question 10 (1 point)
Belajar merupakan pemaknaan pengetahuan dan mengajar merupakan proses menggali makna, hal tersebut merupakan ciri dari teori…
⦿ Humanistic
⦿ Konstruktivistik
⦿ Behavioristik
⦿ Kognitif
⦿ Sibernetik

Question 11 (1 point)
Bu Ani mengajar di siang hari untuk mata pelajaran yang memerlukan konsentrasi belajar tinggi. Bagaimana seharusnya Bu Ani melaksanakan pembelajaran pada siang hari ketika siswa sudah mulai lelah dan mengantuk? Sebaiknya Bu Ani menerapkan strategi pembelajaran yang....
⦿ Pembelajaran atraktif dan menyenangkan siswa
⦿ Dapat melibatkan kegiatan fisik siswa
⦿ Memaksa siswa untuk memusatkan perhatiannya
⦿ Pembelajaran dilaksanakan di luar kelas
⦿ Melibatkan kemampuan intelektual dan emosional siswa

Question 12 (1 point)
Mind berfungsi sebagai alat menginterpretasi sehingga muncul makna yang unik, merupakan salah satu ciri belajar menurut teori…
⦿ Behavioristik
⦿ Humanistic
⦿ Sibernetik
⦿ Kognitif
⦿ Konstruktivistik

Question 13 (1 point)
Hirarkhi belajar dan analisis tugas merupakan bentuk pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan teori…
⦿ Behavioristik
⦿ Sibernetik
⦿ Kognitif
⦿ Humanistic
⦿ Konstruktivistik

Question 14 (1 point)
Berikut ini merupakan ciri dari teori belajar behavioristik, kecuali
⦿ Siswa diharapkan memiliki pemahaman yang sama dengan pengajar terhadap pengetahuan yang dipelajar
⦿ Kontrol belajar dipegang oleh siswa
⦿ Tujuan pembelajaran menekankan pada penambahan pengetahuan
⦿ Mind berfungsi sebagai alat penjiplak pengetahuan
⦿ Kegagalan atau ketidakmampuan dalam menambah pengetahuan dikategorikan sebagai kesalahan, harus dihukum

Question 15 (1 point)
Ciri dari teori belajar konstruktivistik adalah…
⦿ Evaluasi merupakan bagian terpisah dari belajar
⦿ Siswa dihadapkan pada aturan-aturan yang jelas yang ditetapkan lebih dulu secara ketat
⦿ Aktivitas belajar dalam konteks nyata
⦿ Menekankan pada hasil
⦿ Proses belajar sebagai proses transfer pengetahuan

Question 16 (1 point)
Pengetahuan berasal dari sumber-sumber sosial, di samping individu sendiri harus aktif, merupakan prinsip pembelajaran berdasarkan teori…
⦿ Humanistik
⦿ Behavioristik
⦿ Sibernetik
⦿ Kokonstruktivistik
⦿ Konstruktivistik

Question 17 (1 point)
Teori belajar kokonstruktivistik menekankan proses pembelajaran pada…
⦿ Belajar menekankan pada hasil
⦿ Belajar merupakan penambahan ilmu pengetahuan
⦿ Belajar membentuk pengetahuan sendiri
⦿ Belajar melalui bantuan orang lain
⦿ Belajar merupakan proses pendisiplinan

Question 18 (1 point)
Berpikir induktif membuat abstraksi, mengembangkan teori, konsep, hukum, prosedur terhadap obyek perhatiannya, merupakan tahap belajar menurut Kolb, yaitu tahap…
⦿ Tahap eksperimentasi aktif
⦿ Tahap pengamatan aktif
⦿ Tahap pengamatan reflektif
⦿ Tahap pengalaman konkrit
⦿ Tahap konseptualisasi

Question 19 (1 point)
Sumbangan ide dari Hubermas terhadap teori humanistic adalah…
⦿ Gaya Belajar
⦿ Pembagian Golongan orang yang belajar
⦿ Pembagian tahapan belajar
⦿ Tipe-tipe belajar
⦿ Domain hasil belajar

Question 20 (1 point)
Banyak menggunakan penalaran, kritis, suka menganalisis, berpikir rasional, kembali ke teori, konsep, hukum. Tdk suka pendapat yg subyektif. Penuh pertimbangan tdk suka spekulatif. Tegas/kuat pendiriannya, tdk mudah terpengaruh, menurut HONEY & MUMFORD merupakan ciri dari golongan…
⦿ Reaktif
⦿ Aktifis
⦿ Pragmatis
⦿ Reflector
⦿ Teoris

Question 21 (1 point)
Tokoh dari teori humanistic yang terkenal dengan pembagian domain hasil belajar adalah
⦿ Kolb
⦿ Hubermas
⦿ Bloom & Krathwohl
⦿ Gardner
⦿ Honey & Mumford

Question 22 (1 point)
Setiap siswa melakukan kegiatan baru akan membentuk jalur-jalur/sel otak baru, dan jika mengulangi pengalaman/aktivitasnya, akan mengembangkan jalur-jalur yang telah ada. Arinya....
⦿ Pengalaman belajar harus sesuai dengan teori belajar
⦿ Belajar dengan menirukan orang dewasa
⦿ Kegiatan setiap hari merupakan pengalaman belajar
⦿ Belajar mengetahui cara kerja sesuatu
⦿ Kegiatan bereksperimen dan mencipta sangat penting

Question 23 (1 point)
Agar pembelajaran bermakna perbedaan pendapat perlu dihargai dan belajar eksperensial perlu dilakukan. Hal ini merupakan ciri belajar berdasarkan teori…
⦿ Konstruktivistik
⦿ kokonstruktivistik
⦿ Sibernetik
⦿ Humanistik

Question 24 (1 point)
Jarak antara perkembangan actual dan perkembangan potensial dalam teori kokonstruktivistik dikenal dengan…
⦿ Mediasi
⦿ Hukum Genetik Perkembangan
⦿ Zona Perkembangan Proksimal
⦿ Hirarkhi perkembangan
⦿ Scofalding

Question 25 (1 point)
Salah satu ciri dari teori kokonstruktivistik adalah…
⦿ Mengintegrasikan pengetahuan deklaratif dengan pengetahuan prosedural utk memecahkan masalah
⦿ Proses belajar menekankan pada hasil belajar
⦿ Mengutamakan perkembangan actual daripada perkembangan potensialnya
⦿ Proses belajar merupakan kegiatan individu untuk membangun pengetahuan
⦿ Strategi meningkatkan kemampuan intramentalnya dari pada intermentalnya

Question 26 (1 point)
Kecenderungan guru untuk memberikan perlakuan yang sama terhadap anak-anak mengakibatkan anak ...
⦿ Mampu bekerja sama dengan temannya
⦿ Anak memiliki kemampuan sosial yang baik
⦿ Ada toleransi terhadap anak-anak lain
⦿ Anak dapat bekerja sendiri-sendiri
⦿ Tidak menghargai perbedaan

Question 27 (1 point)
Model belajar kelompok (kooperatif) dapat membantu siswa meningkatkan ...
⦿ Kemampuan sosial anak
⦿ Daya kritis anak
⦿ Memiliki tanggungjawab tinggi
⦿ Kebersamaan dengan temannya
⦿ Dapat bekerja sama dengan teman yang sesuai

Question 28 (1 point)
Kurangnya motivasi belajar dan rendahnya pestasi belajar siswa lebih banyak disebabkan karena ...
⦿ Pembelajaran kurang menghargai perbedaan individu siswa
⦿ Siswa tidak mendapat bimbingan belajar dari orang tua
⦿ Suasana kelas kurang kondusif karena tidak tersedia sarana belajar yang lengkap
⦿ Siswa pasif dalam belajar dan lebih senang bemain.
⦿ Siswa terlalu banyak diberikan tugas

Question 29 (1 point)
Untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa dengan menerapkan pendekatan konstruktivisme dalam pembelajaran, karena pendekatan ini ..
⦿ Mudah dalam mengevaluasi hasil belajar siswa
⦿ Menempatkan siswa sebagai subyek belajar
⦿ Siswa banyak diberi tugas, sehingga belajar lebih aktif.
⦿ Siswa belajar dalam kelompok, maka tugas guru lebih ringan
⦿ Menempatkan siswa sebagai objek belajar

Question 30 (1 point)
Guru memberikan umpan balik untuk meningkatkan kegiatan belajar siswa dapat dilakukan dengan cara …
⦿ Bersifat informasi yang membangu
⦿ Memberikan nilai terhadap prestasinya
⦿ Menunjukkan kesalahannya
⦿ Individu maupun kelompok
⦿ Memberikan hukuman bila siswa melakukan kesalahan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Soal dan Kuci Jawaban Test Sumatif PPG Dalam Jabatan (Soal Pedagogik Modul 3) "

Post a Comment