Tugas Praktik Tolak Peluru PJOK Kelas XI Semester 1 TP 2021/2022

 A. Tugas Praktik Atletik Tolak Peluru
Ketentuan Tugas (baca sampai selesai):
  1. Sebelum mengerjakan tugas bacalah materi dan simak video pembelajaran atletik Tolak Peluru.
  2. Siapkan sarana yang akan digunakan praktik tolak peluru, (modifikasi peluru menggunakan bola tenis/bola kecil lainnya/batu kali sebsear genggaman kalian) yang terpenting adalah teknik gerakannya yang baik dan benar.
  3. Tempat, lakukan di halaman rumah, di tempat yang terbuka dan aman.
  4. Karena situasi pandemi COVID 19 anak-anak tetap mengutamakan protokol kesehatan.
  5. Minta bantuan saudara, atau orang tua untuk mendokumentasikan kegiatan praktik dengan memfoto saat melakukan gerakan teknik dasar tolak peluru yang diminta. (unggah foto)
  6. Pastikan gerakan dilakukan dengan sungguh-sungguh, tidak sekedar mengambil foto.
  7. Lakukan gerakan dengan penuh semangat dan sesuai dengan teknik dasar atletik tolak peluru.
  8. Lakukan dengan perhitungan yang matang agar tidak membahayakan bagi diri sendiri dan orang lain. Apabila situasi tidak memungkinkan karena kondisi tempat dan sarana, harap jangan melepas peluru pada posisi melepas peluru. (Lakukan gerakan bayangan saja).
Sebelum mengerjakan tugas, anak-anak di sarankan untuk menyimak video pembelajaran atletik tolak peluru (di menit 20.00 - 25.40), agar dapat mengerti yang diinstruksikan dalam tugas praktik berikut. Materi Tolak Peluru PJOK Kelas XI Semester 1 

1. Praktikanlah Teknik Awal Tolak Peluru Meliputi Cara meletakkan Peluru pada Bahu dan Persiapan Posisi Awal!
Sikap awal berdiri membelakangi pada arahh tolakkan. Menegakkan kaki kanan, kaki kiri persis terjulur lurus dan santai ke belakang memijak di ujung kaki. Berat badan sebagian besar tertumpu pada kaki kanan. Pandangan melihat kebawah dan kedepan sekitar 5-10 meter. Dengan posisi tersebut pada seluruh bagian badan santai dan konsentrasi untuk mengatur pernapasan.
Source: Youtube Active Movement TV

2. Praktikanlah Teknik Pelaksanaan Tolak Peluru Menggunakan Gaya O'brain/membelakangi sektor lempar!
Badan di arahkan agak miring kedepan lalu kaki kiri diangkat santai ke menghadap atas mendekati dengan datar tanah, Sisi lengan kiri turun agak lurus dan lemas menghadap ke depan lalu bawah. Selanjutnya lutut kanan dan kiri ditekuk, hingga paha kanan hampir menyentuh bagian dada. Dengan posisi tersebut, lutut kiri untuk segera meluruskan, digerakan dan diayunkan secara cepat ke belakang dan dibarengi tolakkan kaki kanan lutut samping dengan lurus. Tolakkan kaki kanan kebelakang tersebut harus rendah dan sebisa mungkin cepat bahkan agar gerakkan meluncur gerakkan ini lancar dan tidak lambung. Selama peluncuran ke belakang, baiknya badan untuk terus direndahkan dan miring ke depan serta tetap membelakangi arah pada tolakkan.
Source: Youtube Active Movement TV

3. Praktikanlah Teknik Pemulihan/Gerakan Akhir Tolak Peluru Menggunakan Gaya O'brain/membelakangi sektor lempar!
Akhir pada luncuran ke belakang tersebut berawal dengan mendaratkan kaki kanan terlebih dulu kurang lebih pada pusat lingkaran, lalu dilanjutkan dengan kaki kiri memijak disebelah kiri dan garis tengah, pada bagian ujung kaki agak sedikit bersentuhan dengan bidang pada balok penahan. Ketika kaki ini berpijak, maka terjadi sikap untuk siap posisi menolak.
Source: Youtube Active Movement TV

B. Berikut Link Penyerahan Tugas Praktik Tolak Peluru:
  1. Penyerahan Tugas Praktik Tolak Peluru, Pengajar: Bapak I Komang Adi Suanditha, S.Pd
  2. Penyerahan Tugas Praktik Tolak Peluru, Pengajar: Bapak I Ketut Merta, S.Pd

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tugas Praktik Tolak Peluru PJOK Kelas XI Semester 1 TP 2021/2022"

Post a Comment