CPNS PPPK 2021 Soal Prediksi (Kompetensi Teknis, Manajerial) Paket 5

SOAL LATIHAN PPPK 2021 PAKET 5
KOMPETENSI TEKNIS
1. Penanaman moralitas yang berakar pada budaya bangsa sendiri menjadi kunci penting dalam pendididikan di era globalisasi saat ini, dengan maksud agar.....
A. Terjadi akulturasi budaya antar suku bangsa di indonesia
B. Tidak terpengaruh dengan moralitas bangsa luar
C. Adaptif dengan arus globalisasi saat ini
D. Nilai kepribadian bangsa tetap lestari dalam jiwa bangsa kita
Kunci Jawaban D

2. Pak tino akan menjelaskan konsep perkalian sesuai dengan prisnsip-prinsip pembelajran yang mendidik kepada siswa dengan peragaan sebagai berikut:
i) pak tino mengajak siswa mengamati lima ekor kucing yang ada dihalaman sekolah
ii) banyak kepala seekor kucing ada 1 sehingga banyak kepala 5 ekor kucing adalah 5 x 1
iii) banyak kepala seekor kucing ada 2 sehingga banyak kepala 5 ekor kucing adalah 5 x 2
iv) banyak kepala seekor kucing ada 4 sehingga banyak kepala 5 ekor kucing adalah 5 x 4
peragaaan yang dilakukan oleh pak tino didalam pembelajaran matematika termaksud model pembelajaran...
A. Inquiry and discovery learning
B. Cotextual teaching and learning
C. Probleme based learning
D. Cooperative learning
Kunci Jawaban B Ciri Ciri CTL
Media dan sumber belajar dari lingkungan
Siswa membagun pengetahuan dari pengalaman sendiri (konstruktivisme) Pembelajaran diarahkan menemukan konsep perkalian (Inkuiri)
3. Menurut model pembelajaran kontekstual, komponen utama yang lengkap terdiri dari....
A. Inquiry, masyarakat belajar, pemodelan, penilaian autentik dan refleksi
B. Konstuktivisme, inquiry, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi dan penilaian autentik
C. Konstruktivisme, inquiry, masyarakat belajar, pemodelan, penilaian autentik dan refleksi
D. Konstruktivisme, inquiry, masyarakat belajar, pemodelan dan refleksi.
Kunci Jawaban B
Prinsip model pembelajaran kontekstual (CTL)
  1. Konstruktivisme: proses membangun atau mengembangkan pengetahuan baru dalam struktur kognitif siswa berdasarkan pengalaman
  2. Inkuiri : penyelidikan dalam pembelajaran kontekstual. Artinya, proses pembelajaran didasarkan pada pencarian dan penemuan melalui proses berpikir sistematis
  3. Bertanya : Pertanyaan Belajar pada dasarnya bertanya dan menjawab pertanyaan
  4. Masyarakat belajar :pelaksanaan komunitas belajar
  5. Pemodelan adalah proses belajar sebagai contoh untuk menunjukkan sesuatu yang dapat ditiru oleh setiap siswa
  6. Refleksi adalah proses penyelesaian pengalaman yang telah dipelajari yang dilakukan dengan re-menyortir kejadian yang telah melalui pembelajaran
  7. Penilaian autentik adalah proses oleh guru untuk mengumpulkan informasi tentang kemajuan belajar siswa
4. Bu windi akan menjelaskan konsep operasi penjumlahan, pengurangan perkalian, dan pembagian tanpa sisa, pada bilangan cacah melibatkan bilangan ribuan, maka guru harus memilih alat peraga yang sesuai yaitu....
A. Block dienes
B. Kartu-kartu bilangan
C. Neraca bilangan
D. Batang cauisenaire
Kunci Jawaban A

5. Ibu putu merancang pembelajaran matematika tentang nilai tempat dengan langkah langkah sebagai berikut ini.
(1) menyiapkan berbagai benda yang dapat diikat, misal: kacang panjang, lidi, karet, sedotan.
(2) menulis suatu bilangan “belasan”, misal: 13, di papan tulis;
(3) meminta siswa untuk mengambil suatu benda yang disediakan sebanyak 13;
(4) meminta siswa membilang banyak benda yang telah diambilnya, untuk mengetahui apakah sudah benar benda tersebut sebanyak 13;
(5) meminta siswa mengambil benda sebanyak 13, tetapi secara bertahap sesuai dengan angka yang dilingkari guru (guru melingkari satuan atau puluhan dulu kemudian melingkari puluhan atau satuan);
(6) meminta siswa untuk membilang banyak benda yang diambilnya, untuk mengetahui apakah benar benda tersebut sebanyak 13;
(7) jika banyak benda yang diambil tidak sama dengan 13, maka guru mengulang langkah (5) dan (6).
(8) jika banyak benda yang diambil sama dengan 13, maka guru menanyakan ketika guru melingkari angka 1 berapa banyak benda yang diambil (jawaban yang diharapkan dari siswa adalah 10);
(9) menyimpulkan bahwa 1 pada 13 bernilai 10 dan dia menempati tempat puluhan. Pembelajaran yang dilakukan ibu putu di atas adalah pembelajaran dengan pendekatan ….
A. Rasionalisme
B. Behavioristik
C. Konstruktivisme
D. Naturalistik
E. Dualisme
Kunci Jawaban C

6. Berikut susunan RPP yang benar terdiri atas komponen....
A. Identitas, kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan, materi, metode/model,media, sumber belajar,langkah langkah pembelajaran, evaluasi
B. Identitas, kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan, materi, metode/model,media,langkah langkah pembelajaran, evaluasi, sumber belajar
C. Identitas, kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, materi, tujuan,metode/model,media, sumber belajar,langkah langkah pembelajaran, evaluasi
D. Identitas, kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan, materi, media, metode/model,langkah langkah pembelajaran, evaluasi, sumber belajar
E. Identitas, kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan, materi, media, metode/model, sumber belajar,langkah langkah pembelajaran, evaluasi
Kunci Jawaban A
Berdasarkan Permendikbud No. 22 Tahun 2016, maka Komponen RPP yang disusun sebagai berikut:
A. Identitas
1. identitas sekolah yaitu nama satuan pendidikan;
2. identitas mata pelajaran atau tema/subtema;
3. kelas/semester;
4. materi pokok;
5. alokasi waktu
B. Kompetensi Inti, kompetensi dasar dan indikator
C. tujuan pembelajaran
D. materi pembelajaran
E. metode pembelajaran,
F. Media pembelajaran
G. Sumber Pembelajaran
H. Langkah langkah
I. Penilaian/evaluasi

7. Perhatikan Tabel berikut
Tabel diatas adalah nilai Doni. Nilai sikap Doni B. Jika kriteria ketuntasan belajar minimal 70. Maka kesimpulan yang diperoleh adalah...
a. Doni tidak naik kelas karena nilai dibawah kriteria ketuntasan belajar lebih dari 3 meskipun sikap doni baik
b. Doni tidak naik kelas karena ada nilai pada mata pelajaran kelompok A yang dibawah kriteria ketuntasan belajar meskipun sikap doni baik
c. Doni tetap naik kelas karena rata rata semua nilai mata pelajaran di atas kriteria ketuntasan belajar minimal yang ditetapkan, dan juga doni memiliki sikap baik
d. Doni tetap naik kelas karena nilai rata rata masing masing mata pelajaran pada semester 1 dan semester 2 baik pengetahuan dan keterampilan tidak lebih dari 3 mata pelajaran yang di bawah kriteria ketuntasan belajar dan sikap doni baik
e. Doni tetap naik kelas karena kurikulum 2013 memungkinkan guru dalam melakukan perbaikan pembelajaran.
Kunci Jawaban D

𝑺𝒚𝒂𝒓𝒂𝒕 𝒏𝒂𝒊𝒌 𝒌𝒆𝒍𝒂𝒔
1. Sikap minimal B
2. Nilai dibawah KKM tidak boleh lebih dari 3 (peng & Ket) . rata rata nilai semester I dan semester II adalah nilai yang dimaksud
3. Ditetapkan rapat dewan guru

8. Dalam membuat silabus perlu memperhatikan berbagai hal salah satunya adalah dalam menyusun silabus di utamakan dapat mengakomodasi keragaman peserta didik, pendidik, serta dinamika perubahan yang terjadi di sekolah dan tuntutan masyarakat. Hal ini sesuai dengan prinsip....
A. Relevan
B. Sistematis
C. Menyeluruh
D. Fleksibel
E. Aktual kontekstual
Kunci Jawaban D
Relevan artinya 𝒔𝒆𝒔𝒖𝒂𝒊 𝒑𝒆𝒓𝒌𝒆𝒎𝒃𝒂𝒏𝒈𝒂𝒏 𝑷𝒆𝒔𝒆𝒓𝒕𝒂 𝑫𝒊𝒅𝒊𝒌
Sistematis artinya 𝒔𝒂𝒍𝒊𝒏𝒈 𝒕𝒆𝒓𝒌𝒂𝒊𝒕 𝒅𝒆𝒏𝒈𝒂𝒏 𝒌𝒐𝒎𝒑𝒆𝒕𝒆𝒏𝒔𝒊
Menyeluruh artinya 𝒎𝒆𝒍𝒊𝒑𝒖𝒕𝒊 𝒌𝒐𝒈𝒏𝒊𝒕𝒊𝒇 𝒂𝒇𝒆𝒌𝒕𝒊𝒇 𝒅𝒂𝒏 𝒑𝒔𝒊𝒌𝒐𝒎𝒐𝒕𝒐𝒓𝒊𝒌
Fleksibel artinya 𝒎𝒆𝒏𝒈𝒂𝒌𝒐𝒎𝒐𝒅𝒂𝒔𝒊 𝒌𝒆𝒓𝒂𝒈𝒂𝒎𝒂𝒏 𝒅𝒂𝒏 𝒅𝒊𝒏𝒂𝒎𝒊𝒌𝒂 𝒑𝒆𝒓𝒖𝒃𝒂𝒉𝒂𝒏
Aktual Kontekstual artinya 𝒎𝒆𝒏𝒈𝒊𝒌𝒖𝒕𝒊 𝒑𝒆𝒓𝒖𝒃𝒂𝒉𝒂𝒏 𝒋𝒂𝒎𝒂𝒏 𝒊𝒑𝒕𝒆𝒌 𝒅𝒂𝒏 𝒑𝒆𝒓𝒊𝒔𝒕𝒊𝒘𝒂 𝒌𝒆𝒌𝒊𝒏𝒊𝒂𝒏

9. Cakupan indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar dan sistem penilaian yang di tuangkan dalam silabus harus cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar hal ini sejalan dengan prinsip...
A. Ilmiah
B. Relevan
C. Sistematis
D. Memadahi
E. Konsisten
Kunci Jawaban D
Prinsip Pengembangan Silabus
Ilmiah : Logis dan benar dapat dipertanggungjawabkan isinya Relevan : 𝒔𝒆𝒔𝒖𝒂𝒊 𝒑𝒆𝒓𝒌𝒆𝒎𝒃𝒂𝒏𝒈𝒂𝒏 𝑷𝑫
Sistematis : 𝒔𝒂𝒍𝒊𝒏𝒈 𝒕𝒆𝒓𝒌𝒂𝒊𝒕 𝒅𝒆𝒏𝒈𝒂𝒏 𝒌𝒐𝒎𝒑𝒆𝒕𝒆𝒏𝒔𝒊
Memadai : cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar Konsisten : Adanya konsistensi masing masing komponen silabus

10. Dasar acuan penentuan sebaran alokasi waktu perminggu pada program semester adalah....
A. Rincian minggu efektif
B. Silabus pembelajaran
C. Program tahunan
D. KI dan KD
E. Rpp
Kunci Jawaban C

11. Berdasarkan hasil penilaian harian diperoleh data dari 32 siswa setelah di tes dengan 10 soal ternyata yang mampu menjawab 10 soal dengan benar ada 15 siswa. 7 siswa menjawab salah 3 soal. Dan 5 siswa berhasil mengerjakan dengan benar 6 soal. Sisa nya menjawab benar 2 soal. Tentukan tindakan remidial seperti apa yang harus dilakukan pak burhan jika KKM 70, dan skor masing masing soal 10 ...
A. Memberi tugas kelompok untuk mengerjakan LKS
B. Tugas individu dan mengumpulkannya
C. Meminta siswa yang tuntas untuk menjadi tutor sebaya
D. Melakukan pembelajaran remidial berupa mengulang materi pada peserta remidi
E. Melanjutkan materi pelajaran Kunci Jawaban A
Banyak siswa = 32 Jumlah soal = 10
15 siswa menjawab benar 10 soal => Artinya tidak remidial
7 siswa menjawab salah 3 soa => Artinya nilai 70 => Artinya tidak remidial 5 siswa menjawab benar 6 soal => Nilai 60 => peserta remidial
5 siswa menjawab benar 2 soal => Nilai 20 => peserta remidial Banyak peserta remidial = 10 siswa
𝐏𝐞𝐬 𝐫𝐞𝐦 = 𝟏𝟎 . 100% = 31%
𝟑𝟐
Artinya bimbingan/tugas kelompok Bimbingan 𝐢𝐧𝐝𝐢𝐯𝐢𝐝𝐮 𝟎 − 𝟐𝟎%
𝐛𝐢𝐦𝐛𝐢𝐧𝐠𝐚𝐧 𝐤𝐞𝐥𝐨𝐦𝐩𝐨𝐤 𝟐𝟎% −50%
𝐩𝐞𝐦𝐛𝐞𝐥𝐚𝐣𝐚𝐫𝐚𝐧 𝐔𝐥𝐚𝐧𝐠 𝟓𝟎% − 𝟏𝟎0%

12. Guru mengadakan penilaian yang mengacu pada kriteria yang telah ditetapkan dan mencakup semua aspek kompetensi baik afektif kognitif dan psikomotorik itu adalah prinsip penilaian...
A. Beracuan kriteria dan menyeluruh
B. Beracuan kriteria dan sistematis
C. Akuntabel dan menyeluruh
D. Objektif dan menyeluruh
Kunci Jawaban A
Beracuan kriteria 𝒎𝒆𝒏𝒈𝒂𝒄𝒖 𝒌𝒓𝒊𝒕𝒆𝒓𝒊𝒂
Menyeluruh : penilaian meliputi ranah Afektif, kognitif, psikomotorik Sistematis : 𝒔𝒆𝒔𝒖𝒂𝒊 𝒑𝒓𝒐𝒔𝒆𝒅𝒖𝒓 𝒃𝒂𝒌𝒖
Akuntabel : 𝒅𝒊𝒑𝒆𝒓𝒕𝒂𝒏𝒈𝒈𝒖𝒏𝒈𝒋𝒂𝒘𝒂𝒃𝒌𝒂𝒏 baik segi prosedur maupun teknik penilaian
Obyektif : menilai sesuai kompetensi siswa tanpa membedakan SARA, kondisi dll

13. Program remedial dapat dilaksanakan melalui bimbingan secara perorangan bila ada beberapa peserta didik yang mengalami kesulitan yang berbeda-beda sehingga memerlukan bimbingan secara individual. Bimbingan yang diberikan disesuaikan dengan tingkat...
a. Kelemahan yang dialami oleh peserta didik
b. keberhasilan yang dialami oleh peserta didik
c. Keterbatasan yang dialami oleh peserta didik
d. Kesulitan yang dialami oleh peserta didik
e. Kesalahan
Kunci Jawaban D
Pemberian bimbingan secara khusus, misalnya bimbingan perorangan. Dalam hal pembelajaran klasikal peserta didik mengalami kesulitan, perlu dipilih alternatif tindak lanjut berupa pemberian bimbingan secara individual.
Pemberian bimbingan perorangan merupakan implikasi peran pendidik sebagai tutor. Sistem tutorial dilaksanakan bilamana terdapat satu atau beberapa peserta didik yang belum berhasil mencapai ketuntasan.

14. Sekelompok peserta didik yang mempunyai minat tertentu diberi tugas untuk memecahkan permasalahan, membaca di perpustakaan terkait dengan KD yang dipelajari pada jam pelajaran sekolah atau di luar jam pelajaran sekolah. Pemecahan masalah yang diberikan kepada peserta didik dapat diminta untuk menyelesaikan sebuah proyek atau penelitian ilmiah. Pernyataan diatas adalah pengertian pembelajaran pengayaan...
a. Belajar kelompok, belajar mandiri, belajar berbasis tema
b. Belajar kelompok, belajar berbasis tema
c. Belajar Kelompok
d. Belajar mandiri, pemadatan kurikulum
e. Belajar mandiri Kunci Jawaban C 
Teknik pengayaan
  1. . belajar kelompok, yaitu sekelompok peserta didik yang memiliki minattertentu diberikan pembelajaran bersama di dalam maupun luar jam pelajaran;
  2. belajar mandiri, yaitu secara mandiri peserta didik belajar mengenai sesuatu yang diminati
  3. pembelajaran berbasis tema, yaitu memadukan kurikulum di bawah tema besar sehingga peserta didik dapat mempelajari hubungan antara berbagai disiplin ilmu
  4. Pemadatan kurikulum adalah pemberian pembelajaran hanya untuk kompetensi/materi yang belum diketahui peserta didik. Dengan demikian tersedia waktu bagi peserta didik untuk memperoleh kompetensi/materi baru, atau bekerja dalam proyek secara mandiri sesuai dengan kapasitas maupun kapabilitas masing- masing
15. Dari hasil evaluasi tes formatif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen, Ibu Mery mendapat data ada siswa yang sudah mencapai/ melampaui KKM dan ada yang belum mencapai KKM, dari informasi/ data yang diperoleh derdasarkan tes hasil belajar tersebut kemudian di cari kelemahan dan kelebihannya. Ibu Mery kemudian meninjaklanjuti dalam bentuk program remedi dan pengayaan kepada para siswa. Ilustrasi tersebut menunjukan sebagai..
a. Prinsip evaluasi
b. Acuan evaluasi
c. Fungsi evaluasi
d. Syarat evaluasi
e. pendekatan evaluasi Kunci Jawaban C
Fungsi evaluasi
  1. Pengukuran Keberhasilan Mengukur keberhasilan sebuah kegiatan pembelajaran, mengetahui tingkat pencapaian kompetensi
  2.  Diagnosis, Evaluasi juga dapat digunakan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan seseorang atau sebuah alat dalam bidang kompetensi tertentu. Contoh fungsi diagnosis dari kegiatan evaluasi adalah untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan seorang siswa dalam mata pelajaran yang dipelajarinya
  3. Tindak Lanjut Sebagai umpan balik dan informasi penting bagi pelaksana evaluasi untuk memperbaiki kekurangan yang ada dimana hal tersebut dapat dijadikan sebagai acuan dalam mengambil keputusan di masa mendatang
  4. Fungsi Seleksi, Melalui fungsi selektif, kegiatan evaluasi dapat digunakan untuk menyeleksi seseorang, metode, atau alat sesuai dengan standar yang telah ditetapkan sebelumnya.
  5. Fungsi Penempatan, Proses evaluasi berfungsi untuk mengetahui posisi terbaik untuk seseorang sesuai kapabilitas dan kapasitas yang dimilikinya
16. Setelah dilakukan tes praktek menulis doa, selanjutnya pak Thomas berencana melaksanakan tes tertulis sebagai program remedial, tes tertulis tersebut diberlakukan bagi para peserta didik yang belum mencapai KKM. Berdasarkan ilustrasi tersebut menunjukkan pak Thomas akan melakukan tes tertulis untuk mengukur obyek evauasi pada ranah...
a. Afektif
b. Kognitif
c. Psikomotorik
d. Konasi
e. Behavior
Kunci Jawaban B
Afektif : Penilaian sikap , menggunakanbentuk jurnal, PD, PA.Teman, observasi Kognitif :Penilaian Pengetahuan , menggunakan bentuk tes tertulis, lisan, penugasan Psikomotorik: Penilaian Keterampilan , menggunakan produk, praktik kinerja, proyek, portofolio
Konasi : Penilaian Kehendak (keterampilan)
Behavior : Penilaian perilaku (Pengetahuan dan keterampilan)

17. Pak Andri adalah guru mata pelajaran X. Keren adalah keponakan dari Pak Andri. Dari tes formatif yang diberikan kepada Keren didapat bahwa Keren tidak menjawab satu soalpun dengan benar. Dalam hal ini pak Andri harus bersikap obyektif dalam menilai. Ilustrasi tersebut merupakan gambaran dari...
a. Acuan penilaian
b. Prinsip evaluasi
c. Pendekatan penilaian
d. Fungsi evaluasi
e. Tujuan evaluasi Kunci Jawaban B
Prinsip evaluasi : valid, Obyektif, Adil, Terbuka, Menyeluruh(komperhensif), Mendidik (edukatif), Terpadu, Akuntabel, dll

18. Sebagai guru mata pelajaranX melakukan penilaian tidak hanya melakukan penilaian kognitif tetapi juga afektif dan psikomotorik yang berusaha mengungkap kondisi nyata atau keadaan sesungguhnya yang berkaitan dengan kemampuan peserta didik. Ilustrasi tersebut menunjukan bahwa guru tersebut telah melakukan penilaian...
a. Autentik
b. Sumatif
c. Diagnostik
d. Formatif
e. Evaluatif
Kunci Jawaban A
Penilaian diagnostik adalah penilaian yang bertujuan untuk mengetahui kelemahan- kelemahan siswa serta faktor-faktor penyebabnya. Pelaksanaan penilaian semacam ini biasanya bertujuan untuk keperluan bimbingan belajar, pengajaran remedial, menemukan kasus-dasus dan lain-lain
Penilaian autentik (Authentic Assessment) adalah pengukuran yang bermakna secara signifikan atas hasil belajar peserta didik untuk ranah sikap, keterampilan, dan pengetahuan
Penilaian formatif adalah untuk memperbaiki proses pembelajaran, bukan hanya untuk menentukan tingkat kemampuan siswa
Penilaian sumatif berkaitan dengan menyimpulkan prestasi siswa, dan diarahkan pada pelaporan di akhir suatu program studi. Menggambarkan hasil belajar siswa dalam kurun periode akhir
penelitian evaluatif itu untuk mengetahui keterlaksanaan kebijakan, bukan hanya pada kesimpulan sudah terlaksana dengan baik atau tidaknya, tetapi ingin mengetahui kalau belum baik implementasinya, apa yang telah menyebabkan, di mana letak kelemahannya, dan kalau lemah apa sebabnya.

19. Penilaian sikap pada pembelajaran yang berbasis HOTS tidaklah merupakan konsep penilaian sikap pada kurikulum 2013 , dalam penilaian sikap dikenal ada instrument dalam bentuk jurnal dan penilaian diri. Penilaian diri ialah penilaian terhadap kelebihan dan kekurangan diri peserta didik dalam kontes pencapaian kompetensi. Sedangkan jurnal ialah catatan tentang kekuatan dan kelemahan peserta didik yang berkaitan dengan sikap dan prilaku. Perbedaan penilaian diri dan jurnal dilihat dari fungsinya ialah....
a. Penilaian diri adalah penilaian yang berfungsi sebagai alat konfirmasi terhadap penilaian antar teman, sedangkan jurnal adalah hasil pengamatan yang dilakukan oleh peserta didik tentang sikap dan prilakunya
b. Penilaian diri adalah penilaian yang berfungsi sebagai alat konfirmasi terhadap hasil wawancara, sedangkan jurnal adalah hasil pengamatan yang dilakukan oleh pendidik tentang sikap dan prilaku peserta didik
c. Penilaian diri adalah penilaian yang berfungsi sebagai alat konfirmasi terhadap jurnal, sedangkan jurnal adalah hasil pengamatan yang dilakukan oleh pendidik tentang sikap dan prilaku peserta didik.
d. Penilaian diri adalah penilaian yang berfungsi sebagai alat konfirmasi terhadap jurnal, sedangkan jurnal adalah hasil pengamatan yang dilakukan oleh temannya tentang sikap dan prilaku peserta didik.
e. Penilaian diri adalah penilaian yang berfungsi sebagai alat konfirmasi terhadap hasil wawancara, sedangkan jurnal adalah hasil pengamatan yang dilakukan oleh dirinya tentang sikap dan prilaku peserta didik.
Kunci Jawaban C
Utama : Jurnal/Observasi
Jurnal berisi kolom catatan perilaku yang diisi oleh pendidik berdasarkan pengamatan dari perilaku siswa yang muncul secara alami selama satu semester.
Penunjang: PD / PA. Temani/ wawancara
PD adalah penilaian terhadap diri sendiri (siswa) dengan mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan sikapnya dalam berperilaku. Hasil penilaian diri siswa dapat digunakan sebagai data konfirmasi perkembangan sikap siswa.

20. Pada saat menyususn tes hasil belajar langkah-langkah yang benar dalam penyusunan tes akhir belajar dapat diurutkan...
a. Tabel spesifikasi tes, mentelaah soal tes, menulis soal, analisis butir soal, uji coba, perbaiki tes, merakit tes, menafsirkan tes
b. Tabel spesifikasi tes, menulis soal, analisis butir soal, mentelaah soal tes, uji coba, perbaiki tes, merakit tes, menafsirkan tes
c. Tabel spesifikasi tes, menulis soal, mentelaah soal tes, analisis butir soal, perbaiki tes, merakit tes, uji coba, menafsirkan tes
d. Tabel spesifikasi tes merakit tes, menulis soal, mentelaah soal tes, uji coba, analisis butir soal, perbaiki tes, menafsirkan tes
e. Tabel spesifikasi tes, menulis soal, mentelaah soal tes, uji coba, analisis butir soal, perbaiki tes, merakit tes, menafsirkan tes
Kunci Jawaban E

21. Berdasarkan dari langkah-langkah pelaksanaan program remedial terdapat langkah- langkah dalam bentuk menetapkan nilai yang diperoleh peserta didik setelah program remedial dilaksanakan, ada tiga penetapan yang dapat dipilih untuk digunakan yaitu...
a. Menggunakan nilai capaian tertinggi, nilai rerata, dan nilai capaian akhir
b. Menggunakan nilai rerata, nilai modus ( yang sering muncul) , nilai batas KKM
c. Menggunakan nilai tertinggi, batas KKM, nilai median
d. Menggunakan nilai batas KKM, nilai capaian tertinggi, nilai capaian akhir
e. Menggunakan nilai batas KKM, nilai rerata dan nilai capaian akhir
Kunci Jawaban E
Penetapan nilai akhir remidial
  1. Menggunakan nilai Batas KKM. Contoh Budi pada tes formatif mendapat nilai 60 dengan KKM 70. Setelah remidial diberikan Tes dan mendapat nilai 90 maka nilai akhirnya Adalah 70
  2. Menggunakan nilai Rata rata. Contoh Budi pada tes formatif mendapat nilai 60 dengan KKM 70. Setelah remidial diberikan Tes dan mendapat nilai 90 maka nilai akhirnya Adalah (90+60)/2 = 75
  3. Menggunakan nilai akhir. Contoh Budi pada tes formatif mendapat nilai 60 dengan KKM 70. Setelah remidial diberikan Tes dan mendapat nilai 90 maka nilai akhirnya Adalah 90
22. Treatment ( perlakuan ) dalam pelaksanaan pembelajaran pengayaan dapat dilakukan melalui beberapa metode antara lain yaitu dalam bentuk belajar mandiri dan belajar kelompok. Salah satu bentuk belajar mandiri merupakan kolaborasi dari program remedial dan pengayaan adalah...
a. Tugas proyek dan pemadatan kurikulum
b. Tugas proyek dan penelitian ilmiah
c. Tugas sebaya dan penelitian ilmiah
d. Tugas sebaya dan pemadatan kurikulum
e. Tutor sebaya dan pengembangan latihan
Kunci Jawaban A
  • belajar kelompok, yaitu sekelompok peserta didik yang memiliki minat tertentu diberikan pembelajaran bersama di dalam maupun luar jam pelajaran; bentuk proyek dan penelitian ilmiah
  • belajar mandiri, yaitu secara mandiri peserta didik belajar mengenai sesuatu yang diminati
  • pemadatan kurikulum adalah pemberian pembelajaran hanya untuk kompetensi/materi yang belum diketahui peserta didik. Dengan demikian tersedia waktu bagi peserta didik untuk memperoleh kompetensi/materi baru, atau bekerja dalam proyek secara mandiri sesuai dengan kapasitas maupun kapabilitas masing- masing
23. Penilaian berbentuk penugasan yang bertujuan untuk mengukur kemampuan peserta didik menghasilkan karya tertentu yang dilakukan secara berkelompok adalah ....
a. Penilaian proyek
b. Penilaian portofolio
c. Penilaian jurnal
d. Penilaian kinerja
e. Penilaian diri
Kunci Jawaban A
Penilaian Proyek: P keterampilan, menyelesaikan proyek tertentu, dilakukan berkelompok
Penilaian portofolio : P keterampilan, kumpulan karya siswa Penilaian Jurnal : P Sikap, Unsur Utama
Penilaian kinerja : P Keterampilan, fokus pada proses dan hasil Penilaian diri : P Sikap, Unsur Penunjang

24. Suatu acuan bagi guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, sehingga dapat membantu proses belajar peserta didik secara optimal ....
a. Deskripsi mata pelajaran
b. Pengalaman belajar
c. Silabus mata pelajaran
d. Struktur pembelajaran
e. Kompetensi Dasar 
Kunci jawaban C
Silabus sebagai pedoman pengembangan perangkat pembelajaran lebih lanjut, mulai dari perencanaan, pengelolaan kegiatan pembelajaran dan pengembangan penilaian.
Kompetensi Dasar adalah sejumlah kemampuan yang harus dikuasai peserta didik dalam mata pelajaran tertentu sebagai rujukan penyusun
indikator kompetensi.
Struktur kurikulum merupakan pola dan susunan mata pelajaran yang harus ditempuh oleh peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Kedalaman muatan kurikulum pada setiap mata pelajaran dituangkan dalam kompetensi yang harus dikuasai peserta didik sesuai dengan beban belajar yang tercantum dalam struktur kurikulum
Pengalaman belajar (learning experience) adalah sejumlah aktivitas siswa yang dilakukan untuk memperoleh informasi dan kompetensi baru sesuai dengan tujuan yang dikehendaki.
Deskripsi mata pelajaran adalah hal hal yang menyangkut pelajaran tertentu, susunan materi dan karakterstiknya.

25. Perhatikan berikut!
1. Membuat soal
2. Menyusun kisi-kisi
3. Analisis silabus
4. Membuat kunci jawaban
5. Menyusun pedoman penskoran
6. Menyusun lembar jawaban
Urutan langkah-langkah menyusun soal tes yang benar adalah....
a. 3, 2, 1, 6, 5, 4
b. 3, 2, 1, 6, 4, 5
c. 3, 2, 1, 5, 6, 4
d. 1, 2, 3, 4, 5, 6
e. 6, 5, 4, 3, 2, 1
Kunci Jawaban B
langkah-langkah menyusun kisi-kisi soal
1. Analisis silabus
2. Menyusun kisi-kisi
3. Membuat soal
4. Menyusun lembar jawaban
5. Membuat kunci jawaban
6. Menyusun pedoman penskoran

26. Prosedur yang digunakan dalam penilaian menggunakan tes adalah ....
a. Menentukan tujuan penilaian, apakah untuk penilaian harian, tengah semester, akhir semester atau penilaian akhir dalam satuan pendidikan
b. Menentukan aspek keterampilan atau nilai-nilai yang diintegrasikan
c. Menyusun rubrik pengamatan
d. Merumuskan indikator pencapaian aspek keterampilan
e. Menetapkan skor tiap-tiap tingkatan
Kunci Jawaban A
A. Penilaian pengetahuan
B. Penilaian keterampilan
C. Penilaian keterampilan praktik
D. Penilaian keterampilan
E. Penilaian keterampilan

27. Salah satu model pembelajaran yang inovatif adalah discovery learning. Salah satu langkah model tersebut siswa diberikan kesempatan mengolah data dan informasi yang telah diperoleh melalui berbagai aktifitas. Untuk pembelajaran hubungan antar makhluk hidup dalam suatu ekosistem, maka hasil pengolahan data yang akan disajikan oleh siswa adalah …
a. Tabel hubungan kelompok tumbuhan dan hewan
b. Tabel kelompok makhluk hidup sesuai dengan perannya di dalam ekosistem
c. Skema rantai makanan dan jaring makanan dalam suatu ekosistem
d. Gambar hubungan timbal balik antar makhluk hidup dalam ekosistem
Kunci Jawaban C

28. Bapak Roni adalah guru Mata pelajaran X. Hari itu ia mengajar bahasa Indonesia dengan fokus “Membaca”. Setelah melaksanakan kegiatan awal dengan baik, Pak Roni masuk ke inti pelajaran. Pak Roni mengingatkan agar siswa memperhatikan contoh cara membaca teks “ Bergotong royong” dengan suara jelas selama 2 menit. Siswa menyimak dengan seksama, tidak ada satu pun yang rebut. Setelah selesai Pak Roni menyuruh siswa satu persatu ke depan kelas untuk membaca. Jenis membaca yang diajarkan Pak Roni adalah ….
a. Membaca pemahaman
b. membaca dalam hati
c. Membaca nyaring
d. membaca permulaan Kunci Jawaban C

29. Untuk melaksanakan penilaian terhadap peserta didik dalam keterampilan proses IPA, nilainya bisa didapatkan dengan cara …
a. Memperlihatkan gambar-gambar hewan yang ada di Indonesia
b. Menjelaskan materi IPA yang akan dipraktekan
c. Menunjukkan habitat laut dan habitat darat
d. Menugasi peserta didik melakukan praktikum IPA Kunci Jawaban D

30. Pembelajaran kontektual dalam IPA pada siswa kelas I SD, khususnya pemodelan harus mengakomodasi karakteristik perkembangan peserta didik. Pemodelan yang sesuai untuk kegiatan mengidentifikasi bagian-bagian anggota tubuh adalah…
a. Mengamati gambar tubuh manusia
b. Memperagakan tubuh diri sendiri
c. Memasangkan kartu kata dengan anggota tubuh
d. Tanya jawab nama bagian-bagian anggota tubuh Kunci Jawaban B

31. Budi seorang anak berusia 7 tahun dan sedang belajar bahasa Indonesia. Ketika guru mengajarkan membaca permulaan, Budi mengikuti dan berusaha menguasai huruf-huruf yang dibacanya. Kegiatan yang dilakukan oleh Budi adalah ...
a. Mendengar
b. Melihat
c. Imitasi
d. Menghafal 
Kunci Jawaban C

32. Pelaksanaan pendidikan nilai selain dapat melalui taksonomi Bloom dkk, dapat juga menggunakan jenjang afektif berupa ....
a. Penerimaan nilai (receiving), penaggapan nilai (responding), penghargaan nilai (valuing), pengorganisasi nilai (organization), individualissai nilai (characterization).
b. Penerimaan nilai (receiving), penaggapan nilai (responding), penghargaan nilai (valuing), pengorganisasi nilai (transfering), karaterisasi nilai (characterization).
c. Penerimaan nilai (receiving), penaggapan nilai (responding), penghargaan nilai (valuing), pengorganisasi nilai (organization), karaterisasi nilai (characterization).
d. Penerimaan nilai (receiving), penerapan nilai (emphaty), penghargaan nilai (valuing), pengorganisasi nilai (organization), karaterisasi nilai (characterization).
Kunci Jawaban C

33. Cerita atau kasus dapat dijadikan contoh dalam pembelajaran PKn. Media yang efektif dalam menyajikan cerita atau kasus adalah ….
a. Media audio
b. Media visual
c. Media gambar
d. media audiovisual Kunci Jawaban D

34. Hasil penilaian dan evaluasi terhadap proses belajar mengajar dapat dimanfaatkan sebagai ....
a. Bahan penyusunan rancangan pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya
b. Penentuan ranking kelas
c. Bahan mengisi rapor siswa
d. Penentuan ranking sekolah
Kunci Jawaban A

35. Untuk memfasilitasi siswa menemukan pengetahuan tentang makanan sehat secara konkrit dan bermakna. Sesuai tahap perkembangan siswa
a. Mengamati power poin
b. Gambar makanan sehat
c. Kartu makanan
d. Mengamati berbagai makanan sehat
Kunci Jawaban D

36. Ali ketika diadakan ulangan akhir semestersecara diam-diam dia menyontek. Guru mengalami kesulitan mengatasi hal ini. Tindakan yang tepat dilakukan guru, kecuali
a. Membiasakan siswa berperilaku jujur
b. Guru menjelaskan pada siswa untuk bekerja sendiri
c. Menyontek merupakan perbuatan tidak baik dan harus dihindari
d. Memberikan peluang siswa menjelaskan mengapa dia menyontek
Kunci Jawaban D

37. Jika rumusan indicator “terampil mengkomunikasikan hasil kerja dalam bentuk laporan kegiatan,” maka aspek-aspek penilaian untuk menilai indicator tersebut adalah….
a. Sistematika laporan, isi laporan , data obyektif
b. Sistematis, komunikatif lancar, intonasi, dan ekspresif
c. Sistematika laporan, keberanian, intonasi, dan ekspresi
d. Sistematika, isi laporan, keberanian, intonasi, dan ekspresi serta onyektif
Kunci Jawaban C

38. Untuk membelajarkan kompetensi dasar “mendeskripsikan benda-benda di sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana, maka kemampua awal/prasarat yang harus dimiliki siswa adalah kemampuan….
a. Membuat karangan diskriptif
b. Membaca kalimat sederhana
c. Melengkapi kalimat belum selesai
d. Menyusun kalimat sederhana
Kunci Jawaban D

39. Berdasarkan pendekatan saintifik, siswa melakukan eksperimen untuk menemukan hubungan volume tabung dengan volume kerucut dengan cara…..
a. Memilih alat peraga tabung dan kerucut yang mempunyai alas dan tinggi sama, kemudian kerucut diisi pasir dan diisikan pada tabung sebanyak tiga kali.
b. Memilih alat peraga tabung dan kerucut, kemudian kerucut diisi pasir dan diisikan pada tabung sebanyak tiga kali
c. Memilih alat peraga tabung dan kerucut yang mempunyai alas dan tinggi sama, kemudian tabung diisi pasir dan diisikan pada kerucut sebanyak tiga kali
d. Memilih alat peraga tabungdan kerucut, kemudian tabung diisi pasir dan diisikan pada kerucut sebanyak tiga kali
Kunci Jawaban A

40. Salah satu model pembelajaran yang inovatif adalah discovery learning. Salah satu langkah model tersebut adalah identifikasi masalah. Pada tahap tersebut, siswa diberikan kesempatan mengidentifikasikan sebanyak-banyaknya masalah yang relevan dengan bahan pelajaran. Untuk pembelajaran hubungan antar makhluk hidup dalam suatu ekosistem khususnya rantai makanan danjaring-jaring makanan, maka kegiatan identifikasi masalah yang paling benar adalah…..
a. Siswa berdiskusi untuk menentukan rumusan masalah
b. Siswa berdiskusi untuk merumuskan hipotesis
c. Siswa berdiskusi tentang jawaban masalah
d. Siswa berdiskusi untuk membuat pertanyaan
Kunci Jawaban A

KOMPETENSI MANAJERIAL
1. Teman anda berbuat curang ketika sedang melaksanakan ujian,semester maka Anda ...
A. Biasa saja
B. Hal ini sudah jadi kebiaasaan di kelas kami
C. Diam saja sebab Saya juga ikut melakukannya
D. Mengingatkannya dan Melaporkannya kepada teman-teman yang lain
E. Tidak ingin terlibat dalam berbuat curang tersebut
Kunci Jawaban E Integritas

2. Bagi saya sekolah adalah ...
A. Kewajiban
B. Kebutuhan
C. Mencari ilmu
D. Tugas
E. Beribadah 
Kunci Jawaban E Integritas

3. Saya ditugaskan pimpinan untuk menjadi moderator dalam acara ulang tahun di kantor saya. Respon saya adalah...
A. Menerima berharap jabatan saya cepat dinaikkan
B. Menerima asalkan ada tambahan bonus yang di berikan
C. Menolak ,karena saya takut malu kalau berbicara di depan umum
D. Menerima dengan Pasrah
E. Menolak karena ini bukan tugas saya
Kunci Jawaban D Kerjasama

4. Tahun ini akan ada kompetisi dalam bidang yang saya senangi, maka saya
A. Tidak perduli
B. Saya tidak mengikuti,karena lawannya pasti kuat
C. Ikutin saja,kalah menang urusan belakang
D. Ikut kama saya yakin lawannya mudah
E. lkut saja karna panitianya saudara saya
Kunci Jawaban C 
Orientasi Hasil

5. Ketika ingin mencapai suatu kesuksesan, saya ...
A. Berdiam diri
B. Menenangkan diri
C. Meminta bantuan teman terdekat
D. Mempersiapkan diri agar memenangkan persaingan
E. Mencoba terus menerus Kunci Jawaban E Orientasi hasil

6. Ketika diberi tugas individu pekerjaan rumah oleh guru, yang saya lakukan adalah ...
A. Langsung mengerjakannya
B. Mengerjakan sampai hari H
C. Mengajak teman kerja kelompok
D. Menyuruh teman yang mengerjakan
E. Mengerjakannya di sekolah Kunci Jawaban A Orientasi Hasil

7. Menurut saya organisasi itu adalah ...
A. Bisa merusak kinerja
B. Memperlambat menyelesaikan studi
C. Wadah untuk mengembangkan kualias diri
D. Membuat kita lebih di segani dan di takuti
E. Membuat ternan semangkin banyak
Kunci Jawaban C 
Pengembangan diri

8. Saya di tugaskan pimpinan untuk mewakili sementara dalam rapat dengan tamu,pada saat pada saat itu ada tamu yang pimpinan yang memerlukan keputusan segera, maka saya ...
A. Menunda pengambilan keputusan tanpa petunjuk atasan saya
B. Tidak berani mengambil keputusan tanpa petunjuk atasan
C. Ragu ragu dalam mengambil keputusan tanpa petunjuk atasan saya
D. Mengambil keputusan meskipun tanpa petunjuk atasan selama tidak bertentangan dengan kebijakan umum
E. Mengambil keputusan tanpa petunjuk atasan
Kunci Jawaban D 
Pengambilan Keputusan

9. Perusahaan sedang mengalami masalah defisit keuangan, maka saya ...
A. Tidak mau tahu
B. Bukan urusan saya
C. Saya tetap bekerja seperti sediakala
D. Keluar dari perusahaan
E. Mencari tahu sumber masalah Kunci Jawaban E Pengambilan Keputusan

10. Saya sering datang pertama ke sekolah di banding teman-teman satu kelas saya,yang saya lakukan setelah tiba disekolah adalah ...
A. Masuk keruangan dan membahas pelajaran untuk hari ini
B. Masuk ke kelas sekaligus membersihkan bangku sendiri
C. Duduk-duduk santai depan kelas sambil menunggu teman-teman
D. Bermain game online
E. Membersihkan meja guru Kunci Jawaban A Orientasi hasil

11. Saya memiliki teman satu tim dengan kompetensi rendah, maka ...
A. Saya menuntutnya untuk meningkatkan kemampuannya
B. Saya akan memberhentikannya dan tim
C. Saya tidak memperdulikannya
D. Saya membimbing dan memintanya untuk meningkatkan kemampuan
E. Saya tidak mau ambil pusing gimanapun kemampuannya.
Kunci Jawaban D
Pengembangan Diri dan Orang lain

12. Menurut teman-teman,saya ini orangnya ...
A. Ambisi yang rendah
B. Cukup pintar
C. Sering lupa akan sesuatu
D. Pendiam
E. Santai-santai saja Kunci Jawaban B Orientasi Hasil

13. Setelah dari pulang sekolah, maka saya ...
A. Bercerita dengan teman di kantin
B. Bermain game
C. Langsung pulang ke rumah
D. Singgah ke rumah teman
E. Makan dengan teman Kunci Jawaban C Integritas

14. Jika saya berpergian dengan angkutan umum ...
A. Saya diam saja
B. Saya mengajak berbicara dengan orang yang duduk di sebelah saya
C. Saya main game
D. Saya takut berbica dengan siapa pun
E. Saya memikirkan hal yang gak penting
Kunci Jawaban B 
Mengelola Perubahan

15. Dalam keseharian saya termasuk ...
A. Jadi tempat curhat teman saya
B. Saya sering mengobrol dengan teman
C. Mungkin curhat itu di perlukan
D. Tak perlu saya curhat,biar ku simpan dalam hati
E. Lebih baik berdiam diri dari pada menceritakan masalah ke orang lain
Kunci Jawaban B 
Kerjasama

16. Terjadi pergantian pimpinan di kantor saya, maka saya ...
A. Tidak perduli
B. Bekerja seperti biasa
C. Meminta pindah kantor bersama pimpinan lama
D. Berusaha mengenal pimpinan baru
E. Berusaha mengenal dan memahami visi dan misi pimpinan baru
Kunci Jawaban E Mengelola Perubahan

7. Dilingkungan kerja yang baru saya
A. Pintar-pintar cari muka
B. Saya menunggu ada teman yang mau memperkenalkan diri
C. Berusaha melihat kemauan pimpinan
D. Saya langsung mampu akrab dengan rekan kerja
E. Saya mencermati apa keinginan rekan kerja
Kunci Jawaban D
Mengelola Perubahan

18. Yang saya lakukan ketika menghadapi perubahan- perubahan dalam melaksanakan suatu pekerjaan adalah
A. Perubahan hal yang biasa bagi saya
B. Perubahan bukan jaminan keberhasilan pekerjaan
C. Keberhasilan pekerjaan tergantung jenis perubahan,ide dan cara baru tersebut
D. Saya mengikuti arus perubahan itu sendiri
E. Saya tidak perduli dengan perubahan
Kunci Jawaban C 
Mengelola Perubahan

19. Ketika saya sedang marah yang saya lakukan adalah ...
A. Memukul
B. Berdiam diri
C. Berkurung di kamar
D. Menenangkan pikiran,dan menjauh dari sumber masalah
E. Saya cari pelampiasan amarah saya
Kunci Jawaban D 
Pengambilan Keputusan

20. Ketika saya sedang rapat dengan atasan,tiba-tiba saya mendapat kabar bahwa istri saya masuk rumah sakit,yang saya lakukan ...
A. Melanjutkan rapat
B. Menghentikan presentasi dan mencari tahu kondisi istri saya
C. Mencari tahu kondisi istri saya kemudian memutuskan apakah tetap rapat atau kerumah sakit
D. Menghentikan rapat dan langsung ke rumah sakit
E. Pergi langsung ke rumah sakit Kunci Jawaban C Pengambilan Keputusan

21. Ketika saya dalam masalah, maka saya ...
A. Meminta bantuan teman
B. Langsung melampiaskan kepada orang sekitar
C. Santai saja
D. Menghadapi dengan pikiran yang positif
E. Saya berharap ada orang lain yang membantu saya dalam masalah ini
Kunci Jawaban D 
Mengelola Perubahan

22. Menghadapi masalah yang rumit menurut Saya adalah ...
A. Saya berusaha sekuat mungkin untuk menyelesaikannya
B. Saya menganggap ini hal yang biasa terjadi
C. Saya meminta bantuan dari pihak lain
D. Saya tidak mau mencobanya
E. Saya berani mencoba setelan pertimbangan risikonya
Kunci Jawaban A 
Mengelola Perubahan

23. Dalam melaksanakan tugas kantor yang di berikan pimpinan. ...
A. Saya menyadari bahwa keputusan pimpinan selalu di perlukan
B. Saya mengambil keputusan sendin
C. Selalu menunggu keputusan atasan
D. Tidak berani mengambil keputusan
E. Berani mengambil keputusan karena tugas tersebut sudah dipercayakan kepada saya.
Kunci Jawaban E 
Pengambilan Keputusan

24. Saya telah mempersiapkan diri sebelum melakukan presentasi di kantor besok ...
A. saya tidak peduli apapun yang tenadi
B. saya pasrah jika saya gagal
C. saya yakin presentasi saya besok berjalan dengan baik,namun saya tetap mematangkan diri dengan maksimal
D. saya yakin ini hal yang mudah
E. saya yakin berhasil karena sudah biasa saya lakukannya.
Kunci Jawaban C 
Orientasi Hasil

25. Jika ada karyawan baru di kantor saya, maka ...
A. Saya tidak peduli
B. Saya tidak mau mengganggunya
C. Saya akan memperkenalkan din terlebih dahulu
D. Saya berharap dia menyapa saya pertama kali
E. Saya diam saja,karena dia karyawan baru
Kunci Jawaban C 
Mengelola Perubahan

26. Jika saya di perintah atasan baru yang umumya dibawah saya, maka ...
A. Saya terkadang marah
B. Saya tetap melaksanakan perintah selagi itu baik
C. Saya tidak mau di perintah olennya
D. Saya melakukan perintahnya dengan terpaksa
E. Saya tidak langsung menghindar
Kunci Jawaban B Kerjasama

27. Jika rekan rekan saya melakukan tugasnya dengan baik, maka ...
A. Saya berikan pujian apa adanya
B. Saya tidak mau memujinya
C. Saya akan memujinya jika ada atasan
D. Saya berfikir itu hanya factor keberuntungan
E. Saya memuji secara proporsional
Kunci Jawaban E Komunikasi

28. Jika ada tugas yang tidak menyenangkan, maka ...
A. Saya meminta tolong kepada rekan kerja agar dibantu
B. Saya tidak mau mengerjakannya
C. Saya membayar orang untuk mengerjaknnya
D. Tetap saya selesaikan karena itu tanggung jawab saya
E. Saya selesaikan dengan berat hati
Kunci Jawaban D Orientasi hasil

29. Saya diberi tugas yang berat olen atasan, maka ...
A. Menerima asal bonus keluar
B. Meminta agar diben keringanan
C. Meminta bantuan teman
D. Saya pura-pura sakit
E. Berusaha mengerakan dengan sebaik-baiknya
Kunci Jawaban E Orientasi hasil

30. Ketika berbelanja dipusat perbelanjaan, penjual melakukan kesalahan pengembalian uang kepada saya
A. Membiarkan saja sebab saya untung
B. Pura-pura gak tahu
C. Mengkonfirmasi bahwa saya dirugikan
D. Abaikan saja mungkin harga sudah berubah
E. Mengkonfirmasi untuk mendapatkan kebenaran
Kunci Jawaban E Integritas

31. Saya sebagai pemimpin harus ...
A. Ditakuti
B. Disegani
C. Merasa berkuasa
D. Mengayomi dan harus tahu yang dibutuhkan karyawan
E. Kaya dan memiliki harta berlimpah
Kunci Jawaban D Integritas

32. Di kantor anda, anda menemukan beberapa inventaris kantor yang rusak dan hanya anda yang mengetahuinya. Bagaimana sikap anda?
A. Saya diam saja, karena saya bisa dituduh sebagai pelaku kalau melapor
B. Saya akan memberitahu rekan saya
C. Saya selidiki siapa yang melakukan pengerusakan itu
D. Melapor ke bagian perlengkapan agar ditindaklanjuti
E. Karena saya sedang sibuk, nanti saja dipikirkan
Kunci Jawaban D Integritas

33. Kata rekan-rekan saya, tipe saya adalah
A. Orang yang memiliki ketekunan yang tidak begitu baik pada pekerjaan yang teratur
B. Sedikit mudah teralihkan perhatiannya
C. Pada pekerjaan tertentu saya mampu menyelesaikannya dengan baik
D. Terkadang bosan dengan pekerjaan
E. Sering marah terhadap masalah yang dihadapi
Kunci Jawaban C Orientasi Hasil

34. Bagi saya atasan yang kurang baik adalah atasan yang....
A. Berharap saya mampu menyelesaikan pekerjaan tanpa berkonsultasi kepadanya dan dia tidak mau mernbantu saya dalarn penyelesaian tugas tersebut
B. Sering memberi petunjuk yang jelas atas pekerjaan yang dia sampaikan
C. Sangat disiplin dan selalu meminta saya menunggu keputusannya sebelum pekerjaan dilaksanakan
D. Selalu mendelegasikan wewenang-wewenangnya kepada saya
E. Sering menanyakan pendapat dan ide saya untuk pertimbangan pekerjaannya
Kunci Jawaban C Pengembangan Orang Lain

35. Demi kelancaran acara esok hari, divisi saya diminta kerja lembur, padahal saya sudah berjanji untuk mengantar ibu saya ke dokter. Yang seharusnya saya lakukan adalah....
A. Pulang dan teman-teman tidak mengetahuinya
B. Pulang lebih cepat dengan pura-pura sakit
C. Mencoba menghubungi ibu saya dan mengatakan saya akan sedikit terlambat
D. Lembur sampai pekerjaan selesai
E. Merninta izin kepada atasan untuk rnenganter ibu saya sebentar lalu kembali kerja
Kunci Jawaban E
Integritas dan Orientasi hasil

36. Menurut saya semakin sulitnya orang-orang mencari kerja saat ini disebabkan oleh....
A. Karena banyaknya pengangguran akhir-akhir ini
B. Jumlah penduduk yang banyak dan kurangnya tenaga ahli
C. Informasi yang sulit diakses
D. Terjadi kesenjangan antara permintaan dan penawaran kerja
E. Karena semua orang ingin menjadi karyawan
Kunci Jawaban D Pengambilan Keputusan

37. Saat anda dituduh dan dimarahi oleh atasan sedangkan hal tersebut tidak sesuai dengan keadaan sebenamya, yang akan anda lakukan adalah
A. Menanggapi pertanyaan dari siapapun tentang isu isu tersebut
B. Saya akan berusaha menemukan penyebar isu itu dan membuat perhitungan dengannya
C. Saya akan membiarkannya saja karena nanti juga akan hilang dengan sendirinya
D. Berusaha menjelaskan keadaaan yang sebenarnya
E. Meminta pertimbangan teman dekat saya
Kunci Jawaban D Komunikasi

38. Saat harus menyelesaikan persoalan tertentu biasanya saya....
A. Tetap berpusat pada persoalan jika gangguan relative kecil dan tidak berarti
B. Mudah beralih pada hal lain karena gangguan yang sedikit saja
C. Terpusat pada hal yang harus dipecahkan apapun gangguannya
D. Mudah beralih tanpa sebab
E. Mudah beralih pada hal lain karena sebab yang sangat mengganggu
Kunci Jawaban C Orientasi Hasil

39. Untuk mencapai tujuan kelompok yang telah ditetapkan, maka saya..
A. Tidak rnempermasalahkan apakah orang lain mau bekerja dengan baik atau tidak
B. Mendorong orang lain untuk bekerja dengan baik jika diperlukan
C. Mendorong orang lain untuk bekerja dengan baik jika situasi memungkinkan
D. Menstimulasi orang lain untuk mau bekerja dengan baik
E. Mengajak orang lain bersama-sama untuk bekerja dengan baik
Kunci Jawaban E Kerjasama

40. Waktu bangun tidur saya merasa....
A. Tugas-tugas yang banyak telah menanti saya
B. Bersernangat untuk melaksanakan aktivitas
C. Pusing mernikirkan suasana kantor yang kurang nyaman
D. Khawatir jika atasan akan nnarah lagi
E. Berharap semoga hari ini baik-baik saja
Kunci Jawaban B Orientasi Hasil

SOSIO BUDAYA
1. Karyawan baru itu ternyata tidak bersikap baik dan tidak peduli dengan rekan kerja yang lainnya
A. Hal itu sudah tanggung jawab atasan
B. Saya akan laporkan kepada pihak SDM
C. Sayapun tidak mau bersikap baik dan tidak peduli terhadapnya
D. Saya ingatkan dengan baik-baik agar dia bersikap ramah kepada rekan yang lain
E. Saya tidak ambil pusing karena itu bukan bagian dari urusan saya
Kunci Jawaban D Sosio Budaya

2. Jika ada rekan kerja saya yang berbuat jahat kepada saya
A. Memukulnya
B. Membalas balik perbuatannya
C. Memakluminya
D. Memaafkannya asal dia minta maaf terlebih dahulu
E. Mengingatkan dan menasehatinya
Kunci Jawaban E Sosio Budaya

3. Teman anda mengalami kecelakaan lalu lintas dan masuk rumah sakit.
A. Saya percaya pihak rumah sakit bisa menanggulanginya
B. Saya akan menjenguknya
C. Saya berharap semoga lekas sembuh
D. Saya akan menanyakan apakah kondisinya parah
E. Saya akan menjenguknya jika waktu saya benar- benar longggar
Kunci Jawaban B Sosio Budaya

4. Saya mengajukan suatu pendapat di dalam suatu kelompok,namum usulan tersebut kurang tepat menurut teman kelompok saya.sikap saya adalah ...
A. Marah besar
B. Sangat kecewa
C. Mencoba mencari alternative lain yang lebih tepat untuk diajukan
D. Menerima atas penolakan tersebut
E. Saya anngap itu hal yang wajar
Kunci Jawaban C Sosio Kultural

5. Pada saat saya sedang menuju ke arah kantor dengan motor, terlihat atasan saya yang sedang berjalan kaki. Hal yang akan saya lakukan adalah
A. Memelankan rnotor saya dan mengucapkan salam kepadanya
B. Saya akan menghentikan kendaraan dan memohon izin untuk mendahuluinya
C. Menghentikan kendaraan dan menawarkannya tumpangan
D. Melewatinya saja
E. Saya akan mengurangi kecepatan sambil meminta izin uniuk mendahului
Kunci Jawaban E Sosio Kultural

6. Akhir-akhir ini banyak tayangan di televisi yang isinya kurang mendidik. Melihat fenomena tersebut menurut saya..
A. Ingin menutup hak siar semua stasiun lelevisi
B. Ingin protes pada semua stasiun televisi untuk mengganti tayangan lebih banyak
C. Ingin menghujat semua stasiun televisi di media masa
D. Ingin menggalang rnasa untuk melakukan demo terhadap pemerintah untuk segera mengambil kebijakan
E. Ingin mengajak pihak-pihak yang berwenang dan terkait untuk membahas kelayakan tayangan tersebut
Kunci Jawaban E Sosio Kultural

7. Ketika sedang santai dirumah, saya melihat seorang ibu yang sepeda motomya macet, sedangkan bengkel terdekat berjarak 100 meter dari rurnah, yang akan saya lakukan adalah...
A. Menunggu saja apa yang akan dilakukan ibu tersebut
B. Menunjukan bahwa 100 rneter lagi ada bengkel
C. Menanyakan apa yang terjadi
D. Membantu membawakan sepeda motor itu ke bengkel
E. Memanggil petugas bengkel
Kunci Jawaban D Sosio Kultural

8. Teman kantor saya membedkan saya hadiah ulang tahun yang saya tidak sukai, sikap saya...
A. Memberikan hadiah tersebut kepada orang lain
B. Menggunakannya untuk keperluan saya
C. Menyimpannya sebagai kenangan
D. Menggunakannya untuk menyenangkannya
E. Menyimpan dan tidak akan menyentuhnya
Kunci Jawaban B Sosio Kultural

9. Terdapat himbauan dan ajakan dari pemerintah kepada masyarakat terutama aparatur sipil negara untuk mengurangi pemanasan global akibat dari efek gas rumah kaca yang sudah terjadi hampir di seluruh belahan dunia, kontribusi yang dapat anda lakukan untuk mendukung program pemerintah tersebut sebagai seorang ASN yang setiap harinya berangkat untuk bekerja
A. Menanami pekarangan rumah dengan pohon pohon hijau
B. Menggunakan transpotasi umum untuk berpergian
C. Mematikan peralatan listrik yang tidak penting
D. Membuang sampah pada tempatnya
E. Membatasi penggunaan limbah plastik dalam kegiatan sehari-hari
Kunci Jawaban B Sosial budaya

10. Anda sedang melakukan diskusi dengan rekan kerja divisi anda, kemudian ketika diskusi berlangsung ada seorang rekan kerja anda yang mengusulkan sebuah ide yang menurutnya sangat baik, namun menurut anda hal tersebut beresiko besar jika tetap dilakukan, ketika anda memberikan tanggapan namun teman tersebut tidak menanggapi dengan sikap yang baik, seakan-akan tidak mau gagasannya di sanggah,sikap anda
A. Diam saja dan mengikuti semua gagasannya demi menghindari konflik
B. Memintanya untuk memberikan gagasan yang lebih realistis dan resikonya kecil
C. Mengajaknya untuk bicara santai dan fokus pada tujuan awal
D. Memintanya untuk memikirkan kembali gagasan yang diusulkan
E. Keluar dari ruang diskusi dan memberitahukan kepada atasan
Kunci Jawaban B Sosio Kultural


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CPNS PPPK 2021 Soal Prediksi (Kompetensi Teknis, Manajerial) Paket 5"

Post a Comment