Alur Tujuan Pembelajaran Mapel PJOK SMP

Alur Tujuan Pembelajaran Mapel PJOK SMP Fase D (Kelas VII)

📊RASIONAL 
Rasional Alur Tujuan Pembelajaran adalah rangkaian tujuan yang disusun secara logis menurut ururtan pembelajaran sejak awal hingga akhir suatu fase. Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan dilaksanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan, model, strategi, metode, gaya, dan teknik sesuai dengan karakteristik tugas gerak, peserta didik, dan lingkungan belajar. Semua itu diarahkan untuk meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan seluruh ranah (keterampilan, pengetahuan, dan sikap) setiap peserta didik dengan menekankan pada kualitas kebugaran jasmani dan pembendaharaan gerak. Alur Tujuan Pembelajaran disusun berdasarkan metode pengurutan dari konten paling mudah ke konten paling sulit. Penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran dilakukan berdasarkan pengalaman peserta didik pada fase D. 

🔎CAPAIAN PEMBELAJARAN 
Pada akhir fase D ini peserta didik dapat menunjukkan kemampuan dalam mempraktikkan berbagai aktivitas jasmani dan olahraga sebagai hasil analisis pengetahuan yang benar, melakukan latihan aktivitas jasmani dan kebugaran untuk kesehatan sesuai dengan prinsip latihan, menunjukkan perilaku tanggung jawab personal dan sosial serta memonitornya secara mandiri, selain itu juga dapat menganalisis nilai-nilai aktivitas jasmani. 

📑ELEMEN KETERAMPILAN GERAK 
Pada akhir fase ini peserta didik dapat menunjukkan kemampuan dalam mempraktikkan aktivitas keterampilan gerak spesifik dan fungsional permainan dan olahraga, aktivitas senam, aktivitas gerak berirama, dan aktivitas permainan dan olahraga air (pilihan). 

📌Sub Elemen Keterampilan Gerak Permainan dan Olahraga Pilihan 
Mempraktikkan gerak spesifik permainan sebenarnya dengan menggunakan yang mengarah pada penguasaan keterampilan permainan (sederhana, invasi, net, lapangan) dan keterampilan olahraga (beladiri, atletik, dan olahraga tradisional).
  1. Mempraktikkan gerak spesifik dalam berbagai permainan invasi (*)
  2. Mempraktikkan gerak spesifik dalam berbagai permainan net (*)
  3. Mempraktikkan gerak spesifik dalam berbagai permainan lapangan (*)
  4. Mempraktikkan gerak spesifik dalam berbagai olahraga beladiri (**)
  5. Mempraktikkan gerak spesifik dalam berbagai olahraga atletik (*)
  6. Mempraktikkan gerak spesifik dalam berbagai olahraga tradisional (**):
📌Sub Elemen Keterampilan Gerak Aktivitas Gerak Berirama 
Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak berbentuk rangkaian langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik sebagai pembentuk gerak pemanasan dalam aktivitas gerak berirama.  

📌Sub Elemen Keterampilan Gerak Aktivitas Senam 
Mempraktikkan berbagai keterampilan gerak dominan senam lantai. 

📌Sub Elemen Keterampilan Gerak Aktivitas Permainan dan Olahraga Air (Pilihan) 
Mempraktikkan keterampilan gerak spesifik salah satu gaya renang serta bentuk-bentuk keselamatan penyelamatan dan keselamatan di air dengan koordinasi yang baik. 

📑ELEMEN PENGETAHUAN GERAK 
Pada akhir fase ini peserta didik dapat menganalisis konsep, prinsip, dan prosedur dalam melakukan keterampilan gerak spesifik dan fugsional permainan dan olahraga, aktivitas senam, aktivitas gerak berirama, dan aktivitas permainan dan olahraga air (pilihan). 

📌Sub Elemen Pengetahuan Gerak Permainan dan Olahraga Pilihan 
Pada akhir fase ini peserta didik dapat menganalisis fakta, konsep, dan prosedur dalam melakukan berbagai gerak spesifik aktivitas permainan (sederhana, invasi, net, lapangan) dan keterampilan olahraga (beladiri, atletik, dan olahraga tradisional).
  1. Menganalisis gerak spesifik dalam berbagai permainan invasi (*)
  2. Menganalisis gerak spesifik dalam berbagai permainan net (*)
  3. Menganalisis gerak spesifik dalam berbagai permainan lapangan (*)
  4. Menganalisis gerak spesifik dalam berbagai olahraga beladiri (**)
  5. Menganalisis gerak spesifik dalam berbagai olahraga atletik (*)
  6. Menganalisis gerak spesifik dalam berbagai olahraga tradisional (**):
📌Sub Elemen Pengetahuan Gerak Aktivitas Gerak Berirama 
Pada akhir fase ini peserta didik dapat menganalisis fakta, konsep, dan prosedur dalam variasi dan kombinasi gerak berbentuk rangkaian langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik sebagai pembentuk gerak pemanasan dalam aktivitas gerak berirama.

📌Sub Elemen Pengetahuan Gerak Senam 
Pada akhir fase ini peserta didik dapat menganalisis fakta, konsep, dan prosedur dalam berbagai keterampilan gerak dominan senam lantai. 

📌Sub Elemen Pengetahuan Gerak Aktivitas Permainan dan Olahraga Air (Pilihan) 
Pada akhir fase ini peserta didik dapat menganalisis fakta, konsep, dan prosedur gerak spesifik salah satu gaya renang serta bentuk-bentuk keselamatan penyelamatan dan keselamatan di air dengan koordinasi yang baik. 

📑ELEMEN PEMANFAATAN GERAK 
Pada akhir fase ini peserta didik dapat menganalisis konsep, prinsip, dan prosedur dan mempraktikkan latihan pengembangan kebugaran jasmani terkait kesehatan (physical fittness related health) dan kebugaran jasmani terkait keterampilan (physical fittness related skills), serta pengukuran secara sederhana, untuk mendapatkan kebugaran dengan status baik. Peserta didik juga dapat menunjukkan kemampuan dalam menerapkan pola perilaku hidup sehat. 

📌Sub Elemen Aktivitas Jasmani dan Aktivitas Kebugaran untuk Pemeliharaan dan Peningkatan Kesehatan 
Pada akhir fase ini peserta didik dapat mempraktikkan aktivitas jasmani sesuai dengan pedoman kebutuhan gerak dalam latihan peningkatan derajat kebugaran jasmani yang terkait dengan kesehatan (daya tahan, kekuatan, komposisi tubuh, dan kelenturan) serta pengukuran hasilnya, serta mempromosikannya melalui media yang sesuai.

📌Sub Elemen Pengembangan Pola Perilaku Hidup Sehat 
Pada akhir fase ini peserta didik memahami dan mampu menerapkan perkembangan tubuh remaja; dan pola makan sehat, bergizi dan seimbang sesuai dengan pola perilaku hidup sehat.

📑ELEMEN PENGEMBANGAN KARAKTER 
Pada akhir fase ini peserta didik dapat menggunakan kemampuan untuk memonitor diri sendiri dalam peningkatan derajat kebugaran jasmani dan kemampuan aktivitas jasmani lainnya, serta menunjukkan keterampilan bekerja sama dengan merujuk peraturan dan pedoman untuk menyelesaikan perbedaan dan konflik antar individu. 

📌Sub Elemen Tanggung Jawab Personal (Mandiri) 
Indikator Alur Perkembangan Fase D di Akhir Fase D (Jenjang SMP, Usia 13-15 tahun), Sub Elemen Tanggung Jawab Personal (Kemandirian) Pelajar. 

📌Sub Elemen Tanggung Jawab Sosial (Gotong Royong) 
Indikator Alur Perkembangan Fase D di Akhir Fase D (Jenjang SMP, Usia 13-15 Tahun), Sub Elemen Tanggung Jawab Sosial (Gotong Royong) Pelajar.

📑ELEMEN NILAI-NILAI GERAK 
Pada akhir fase ini peserta didik dapat menganalisis hubungan antara aktivitas jasmani dan kesehatan, untuk dapat memilih aktivitas yang menguntungkan sebagai media menumbuhkembangkan unsur kesenangan, tantangan, percaya diri, serta dapat mengekspresikan diri dalam berinteraksi di lingkungan sosial. 

📌Sub Elemen Nilai-Nilai Aktivitas Jasmani untuk Kesehatan 
Indikator Alur Perkembangan Fase D di Akhir Fase D (Jenjang SMP, Usia 13-15 tahun), Sub Elemen Nilai-Nilai Aktivitas Jasmani untuk Kesehatan, Pelajar:

📌Sub Elemen Nilai-Nilai Aktivitas Jasmani untuk Kesenangan dan Tantangan 
Indikator Alur Perkembangan Fase D di Akhir Fase D (Jenjang SMP, Usia 13-15 tahun), Sub Elemen Nilai-Nilai Aktivitas Jasmani untuk Kesenangan dan Tandangan, Pelajar:

📌Sub Elemen Nilai-Nilai Aktivitas Jasmani untuk Ekspresi Diri dan Interaksi Sosial 
Indikator Alur Perkembangan Fase D di Akhir Fase D (Jenjang SMP, Usia 13-15 tahun), Sub Elemen Nilai-Nilai Aktivitas Jasmani untuk ekspresi Diri dan Interaksi Sosial, Pelajar:

Alur Tujuan Pembelajaran Mapel PJOK SMP Fase D (Kelas VIII dan Kelas IX)
Selengkapnya dapat dilihat pada file PDF berikut:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Alur Tujuan Pembelajaran Mapel PJOK SMP"

Post a Comment