Cara Mengatasi Masalah Penyelesaian Aktivitas Lesson/Pelajaran pada Moodle

Mengatasi masalah penyelesaian aktivitas (activity completion) lesson pada Moodle. Saat melakukan penyelesaian aktivitas pada lesson di moodle sering mengalami kendala. Baik itu karena siswa kurang mengerti maupun kesalahan teknis mengubah aturan ketika aktivitas sudah berlangsung. 

Biasanya terjadi ketika penyelesaian aktivitasnya menyertakan waktu penyelesaian/Require time spent dan mencapai akhir pelajaran/Require end reached. Terkadang siswa langsung terburu-buru ingin menyelesaikan pelajaran tetapi pelajaran/konten tidak dibaca, dipahami, ataupun dikerjakan dengan baik, sehingga waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan pelajaran belum tercapai, tetapi akhir pelajaran sudah dicapai. Hal ini akan mengkibatkan siswa tidak dapat melanjutkan ke aktivitas berikutnya. Sehingga perlu diatur penyelesaian ulang oleh guru. Berikut cara mengatasi masalah tersebut.

1. Masuk pada aktivitas lesson selanjutnya cari laporan/reports. 

2. Cari nama siswa yang mengalami kendala tersebut, lalu centang pada penyelesaian pelajarannya. (Apabila masalahnya terjadi pada semua siswa bisa pilih select all attempts).

3. Selanjutnya scroll ke bawah cari with selected attempts selanjutnya pilih delete selected



4. Selanjutnya aktivitas lesson/pelajaran tersebut akan bisa di kerjakan ulang.
(Pastikan siswa tersebut sudah memahami aturan penyelesaian aktivitas pada lesson agar tidak mengulangi kesalahan yang sama)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengatasi Masalah Penyelesaian Aktivitas Lesson/Pelajaran pada Moodle"

Post a Comment