Kisi-Kisi Soal PJOK Kurikulum 2013 Revisi Terbaru (Mapel PJOK SMK Kelas X dan XI TP 2021/2022)

1. Pengertian Kisi-Kisi Soal

Kisi-kisi alah suatu format atau matriks yang memuat kriteria tentang soal-soal yang diperlukan atau yang hendak disusun. Kisi-kisi juga dapat diartikan test blue-print atau table of specification merupakan deskripsi kompetensi dan materi yang akan diujikan. Wujudnya adalah sebuah tabel yang memuat tentang perperincian materi dan tingkah laku beserta imbangan/proporsi yang dikehendaki oleh penilai. Tiap kotak diisi dengan bilangan yang menunjukkan jumlah soal (Suhasimi, 2007:185).

Kisi-kisi adalah suatu format atau matriks yang memuat informasi yang dapat dijadikan pedoman untuk menulis soal atau merakit soal menjadi tes. (Jahya Umar  et al: 1996 hal:16)
Dalam lain pengertian kisi-kisi soal tes hasil belajar adalah pada distribusi soal berdasarkan tujuan dan materi pembelajaran, waktu penyajian, taksonomi, tingkat kesulitan, bentuk soal, serta nomor soal. 

2. Tujuan

Tujuan penyusunan kisi kisi adalah untuk menentukan ruang lingkup dan sebagai petunjuk dalam menulis soal. Ini dapat digunakan sebagai acuan oleh guru kelas maupun guru mapel penjaskes atau pai di sekolah dasar dalam menyusun kisi kisi soal baik soal ulangan harian pas danatau pat. Masih dalam tema yang sama juga yaitu penyusunan soal kali ini saya akan bagikan contoh kisi kisi soal yang bisa diedit sendiri.

3. Fungsi dan Kegunaan Kisi-Kisi Soal 

Kisi-kisi soal berfungsi sebagai pedoman dalam penyusunan item tes atau soal Adapun kegunaan kisi-kisi adalah mengarahkan dan memudahkan penulis penulisan item tes agar sesuai dengan aspek-aspek yang harus dipertimbangkan sesuai dengan tujuan isi dan implementasi kurikulum serta kriteria evaluasi yang baik.
Syarat-syarat kisi-kisi yang baik (Jahya Umar  et al: 1996 hal:16) 
  1. Mewakili isi kurikulum 
  2. Komponen-komponen rinci jelas dan mudah dipahami 
  3. Soal-soalnya dapat dibuat sesuai dengan indikator dan bentuk soal yang ditetapkan
Isi dari kisi-kisi tes hasil belajar dapat dikelompokkan ke dalam dua komponen.
  1. Komponen identitas yang berisi informasi umum tentang tes.
  2. Komponen matriks yang berisi peta distribusi item soal berdasarkan berbagai aspek dan kriteria yang harus dirujuk. 
Modifikasi komponen-komponen kisi-kisi bagaimanapun dalam prakteknya tidak selamanya kelengkapan komponen kisi-kisi harus sama. Dengan alasan praktis, serta tujuan tes, maka dapat dilakukan modifikasi baik melengkapi atau menyederhanakan, isi kisi-kisi dapat dilakukan sepanjang tidak mengurangi manfaat kisi-kisi tersebut serta kerumitan penggunaannya. 

Format Kisi-Kisi Soal dengan acuan K-13 revisi terbaru 2019.

Komponen identitas berisi:
  1. Judul Kop Berkas
  2. Jenjang Pendidikan
  3. Mata Pelajaran
  4. Kurikulum
  5. Kelas
  6. Jumlah soal
  7. Bentuk Soal
Komponen Matriks berisi:
  1. Kolom Nomor
  2. Kompetensi Dasar
  3. Kelas
  4. Materi
  5. Indikator Soal
  6. Level Kognitif
  7. Nomor soal
  8. Nentuk soal
4. Langkah Penyusunan Kisi-Kisi Soal
  1. Menentukan Kompetensi Dasar yang akan diukur. Kompetensi Dasar (KD) adalah kemampuan minimal yang harus dikuasai peserta didik setelah mempelajari materi pelajaran tertentu. Kompetensi ini diambil dari kurikulum yang berlaku.
  2. Memilih materi yang esensial. Bahan ajar yang harus dikuasai peserta didik berdasarkan kompetensi yang akan diukur. Penentuan materi (bahan ajar) yang akan diambil disesuaikan dengan indikator yang akan disusun.
  3. Merumuskan Indikator yang mengacu pada KD. Indikator berisi ciri-ciri perilaku yang dapat diukur sebagai petunjuk untuk membuat soal. Perumusan indikator dengan memperhatikan materi dan level kognitif.
  4. Kriteria pemilihan materi yang esensial adalah sebagai berikut.
  • Pendalaman dari satu materi yang sudah dipelajari sebelumnya
  • Merupakan materi penting untuk dikuasai peserta didik
  • Materi sering diperlukan untuk mempelajari mata pelajaran lain
  • Materi berkesinambungan pada semua jenjang kelas
  • Materi memiliki nilai terapan tinggi dalam kehidupan sehari-hari.

Ranah Pengetahuan Pada Kemampuan Berpikir (Level Kognitif)

TAKSONOMI ANDERSON
(Perbaikan Taksonomi Bloom)
  1. Mengingat (C1): Menjelaskan jawaban faktual, menguji ingatan, pengenalan. 
  2. Memahami (C2): Menerjemahkan, menjabarkan, menafsirkan, menyederhanakan, dan membuat perhitungan
  3. Menerapkan (C3): Memahami kapan menerapkan, mengapa menerapkan, dan mengenali pola penerapan ke dalam situasi baru, tidak biasa dan agak berbeda atau berlainan.
  4. Menganalisis (C4): Memecahkan ke dalam bagian, bentuk dan pola
  5. Menilai (C5): Berdasarkan kriteria dan menyatakan mengapa ?
  6. Menciptakan (C6): Menggabungkan unsur-unsur ke dalam bentuk atau pola yang sebelumnya kurang jelas.
Contoh kata kerja operasional yang dapat dipakai:

Mengingat (C1)
Memilih, Menguraikan, Mendefinisikan, Menunjukkan, Memberi tabel, Mendaftar, Menempatkan, Memadankan, Mengingat, Menamakan, Menghilangkan, Mengutip, Mengenali, Menentukan, Menyatakan.

Memahami (C2)
Menggolongkan, Mempertahankan, Mendemonstrasikan, Membedakan, Menerangkan, Mengekspresikan, Mengemukakan, Memperluas, Memberi contoh, Menggambarkan, Menunjukkan, Mengaitkan, Menafsirkan, Menaksir, Mempertimbangkan, Memadankan, Membuat ungkapan, Mewakili, Menyatakan kembali, Menulis kembali, Menentukan, Merangkum, Mengatakan, Menerjemahkan, Menjabarkan. 

Menerapkan (C3)
Menerapkan, Menentukan, Mendramatisasikan, Menjelaskan, Menggeneralisasikan, Memperkirakan, Mengelola, Mengatur, Menyiapkan, Menghasilkan, Memproduksi, Memilih, Menunjukkan, Membuat sketsa, Menyelesaikan, Menggunakan.

Menganalisis (C4)
Menganalisis, Mengategorikan, Mengelompokkan, Membandingkan, Membedakan, Mengunggulkan, Mendiversivikasikan, Mengidentifikasi, Menyimpulkan, Membagi, Merinci, Memilih, Menentukan, Menunjukkan, Melaksanakan survei.

Menilai (C5)
Menghargai, Mempertimbangkan, Mengkritik, Mempertahankan, Membandingkan.

Mencipta (C6)
Memilih, Menentukan, Menggabungkan, Mengombinasikan, Mengarang, Mengkonstruksi, Membangun, Menciptakan, Mendesain, Merancang, Mengembangkan, Melakukan, Merumuskan, Membuat hipotesis, Menemukan, Membuat, Mempercantik, Mengawali, Mengelola, Merencanakan, Memproduksi, Memainkan peran, Menceritakan.

Untuk lebih jelasnya lihat pada Tabel Taksonomi Anderson 

Pedoman Penyusunan  Kisi-Kisi Soal K-13 Revisi Terbaru Klik disini!
Sumber: Kemendikbud

💬👉Kisi-Kisi Soal PAT PJOK Kelas X TP 2021/2022
Berikut ini merupakan kisi-kisi soal Mata Pelajaran PJOK yang dipakai untuk pedoman penyusunan soal  Penilaian Akhir Semester (PAT) TP 2021/2022 di SMKN 1 Manggis 
 

💬👉Kisi-Kisi Soal PAT PJOK Kelas XI TP 2021/2022
Berikut ini merupakan kisi-kisi soal Mata Pelajaran PJOK yang dipakai untuk pedoman penyusunan soal  Penilaian Akhir Semester (PAT) TP 2021/2022 di SMKN 1 Manggis 

Koleksi Kisi-kisi Soal PJOK

USBN 2018 Kurikulum 2006

USBN 2019 Kurikulum 2013




Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Kisi-Kisi Soal PJOK Kurikulum 2013 Revisi Terbaru (Mapel PJOK SMK Kelas X dan XI TP 2021/2022)"

  1. Terima kasih sahabat yang telah berbagi sesama guru PJOK saya Guru SMA Negeri 1 Tebilahan. Nama Ridwan Arif

    ReplyDelete
  2. Terima kasih sahabat telah berbagi informasi

    ReplyDelete