Wordwall, Belajar Sambil Nge-GameShow Quiz (Penilaian Harian Bulutangkis)

Halo sahabat PJOK-IN, apa kabar? Semoga semua dalam keadaan sehat. Pada kesempatan ini admin kembali membahas mengenai web aplikasi yang digunakan untuk membuat game interaktif, yang tentunya sangat menarik sekali dan lagi ngetren yaitu Wordwall. Gameshow Quiz merupakan salah satu dari beberapa jenis  game yang terdapat pada Wordwall, yang sangat menarik untuk dimainkan dan bisa dimodifikasi menjadi game edukasi. Tentunya ini akan sangat mempengaruhi minat siswa terhadap mapel dan materi yang dibawakan oleh guru. 

Dipostingan terdahulu sudah dibahas juga mengenai salah satu jenis game yaitu Maze Chaseagar tidak ketinggalan silahkan lihat disini Wordwall, Belajar Sambil Nge-game.

Baiklah langsung saja admin akan bahas mengenai apa itu Gameshow Quiz? Akan admin bagi menjadi beberapa bagian pembahasan sebagai berikut.

A. Pengertian Gameshow Quiz

Gameshow Quiz adalah sebuah permainan quiz yang tampilannya dibuat sedemikian rupa mirip dengan quiz-quiz di televisi, tampilan pertanyaan, efek suara, aturan permainan, dan fitur pilihan bantuan, serta bonus tambahan untuk membuat permainan lebih seru dan menarik. Pemain yang memainkan Gameshow Quis akan merasa terbawa suasana sedang dalam bermain Quiz ditelevisi. 
Cara bermaib Gameghow Quiz terbilang sangat mudah sekali. Pemain membaca soal/instruksi yang diberikan lalu menjawab dengan tepat setiap pertanyaan, disediakan juga pilihan bantuan, yang bisa digunakan untuk membantu memenangkan quiz tersebut. 

B. Membuat Gameshow Quiz

Tidak perlu belajar coding-codingan di sini, Guru/Pendidik hanya menyiapkan daftar pertanyaan sesuai tema/materi yang akan dinilai/dipertanyakan. Hanya dengan 3 langkah mudah maka terciptalah quiz menarik dan interaktif buatan sendiri. Berikut ini adalah langkah-langkah pembuatannya. 1) Pilih Template, 2) Isikan Konten/pertanyaan, 3) Mainkan

1. Pilih Template Gameshow Quiz

  • Pada menu home, scroll kebawah dan temukan template quiz yang tersedia. 
  • Pilih Gameshow Quiz


2. Isikan Konten/Pertanyaan

  • Enter content merupakan tahap kedua dalam pembuatan game ini. (1)
  • Activity Title, silahkan masukkan judul game yang akan dibuat (2)
  • Qu.1, merupakan kolom pertanyaan nomor 1, input teks maupun gambar pertanyaan. (3)
  • Pilihan Jawaban ada 6 slot a, b, c, d, e, f, yang bisa diisikan teks maupun gambar, sebagai pilihan jawaban. Ketika dimasukan gambar dan teks, secara otomatis kunci jawaban aktif dengan tanda , silahkan klik lagi sekali untuk menjadikan salah satu pilihan sebagai kunci jawabannya, sehingga berubah menjadi tanda ✅. (4)
  • Pilahan penulisan teks, B untuk bold, x2 uppercase dan lowercase, dan menambahkan simbol. (5)
  • ➕ Add a question, digunakan untuk menambah pertanyaan selanjutnya, untuk menjadikan sebuah quiz minimal membuat lima buah pertanyaa. (6)
  • Move, Copy, Delete, perintah untuk memindahkan urutan pertanyaa, menyalin pertanyaan dan menghapus pertanyaan yang sudah dibuat. (7)
  •   Done  , apabila sudah selesai silahkan klik tombol ini. (8)


3. Mainkan

Tampilan setelah selesai membuat quiz adalah sebagai berikut. Pada tahap ini quiz sudah bisa dimainkan dengan pengaturan default. Tentunya untuk membuat permainan ini menjadi lebih seru dan memenuhi kriteria penilaian. Kita bisa mengatur ulang setingan defaultnya.  


Untuk melakukan pengaturan silahkan scroll kebawah cari jendela Option 

  1. TIMER, pengaturan waktu bermain, dengan hitung mundur, hitung maju, dan tanpa perhitungan waktu.
  2. LIVES, pengaturan kesempatan berapa kali bermain. 
  3. DIFFICULTY, pengaturan tingkat kesulitan yaitu kecepatan dan banyak nya jumlah penjaga dalam labirin
  4. RANDOM, pengaturan soal game yang akan tampil secara acak
  5. END OF GAME, pengaturan saat game berakhir, pilih munculkan jawaban atau tidak.
  6. Apply To This Acrivity, mengaplikasikan pengaturan yang telah dibuat hanya untuk game ini saja.
  7. Set As Default For Template, menjadikan pengaturan bawaan template.

Pada bagian pojok kanan game terdapat tombol, dan link Edit content, </> embed, More, dan Share.
  1. Edit content, untuk melakukan pengeditan ulang game yang telah selesai dibuat
  2. </> embed, untuk menampilkan game di web/ situs 
  3. More, terdapat rename untuk mengubah judul game 
  4. Share, berbagi game. Ada dua pilihan sebagai berikut.

Make Public, menjadikan game tersebut dibagikan untuk umum.
1. Copy link untuk dibagikan ke sosial media 
2. Membagikan dan menyematkan di media sosial dan website
3 Selesai
Set Assignment, jadikan sebuah penugasan dan dibagikan hanya untuk peserta didik yang diajarkan saja.
1. Result title, mengisi judul hasil dari game yang dikerjakan siswa
2. Centang enter name untuk identitas siswa dalam tugas.
3. Dead line, isikan batas tanggal dan jam pengumpulan tugas
4 End of game, tampilan setelah game berakhir akan menampilkan jawaban, tabel pengumuman nilai, dan ulangi.
5. Start untuk memulai pengaturan 


Muncul Jendela Publish Setting 
Pengaturan penayangan meliputi 
  1. Judul Penayangan 
  2. ➕ Add Age Band, untuk menentukan batasan usia yang memainkan
  3. ➕ Add Subjek, mengenai apa quiz yang dibuat
  4. ➕ Add Topic, bisa diisikan tema/materi
  5. Publish, untuk menayangkan Quiz


Selanjutnya akan muncul jendela Resource Published, sumber penayangan game tersebut
Make Public, menjadikan game tersebut dibagikan untuk umum.
1. Copy link untuk dibagikan ke sosial media 
2. Membagikan dan menyematkan di media sosial dan website
3 Selesai



C. Tata Cara Pengerjaan Gameshow Quis Untuk Penilaian Harian Bulutangkis

Ikuti langkah-langkah berikut ini

  1. Ada 3 jenis Gameshow Quiz dengan judul diakhiri #1 berarti Quiz dikerjakan oleh kelas yang diajar oleh kelas yang diampu oleh Bapak I Komang Adi Suanditha, S.Pd. #2 berarti Quiz dikerjakan oleh kelas yang diajar oleh kelas yang diampu oleh Bapak I Ketut Merta, S.Pd. #3 berarti Quiz dikerjakan oleh kelas yang diajar oleh kelas yang diampu oleh Bapak I Komang Suardana, S.Pd.
  2. Screen shoot scor hasil yang diperoleh Gameshow Quiz, Upload pada Foto Kegiatan di Absensi.
  3. Setelahh selesai menjawab seluruh pertanyaan Gameshow Quiz atau Game Over. Silahkan masukan nama kalian masing-masing dengan format (KELAS, NO ABSEN, NAMA) contoh: XTKJ1 23 IKOMANG ADI S. (penulisan nama disingkat dan huruf kapital).
  4. Enter untuk mengakhiri.



Wordwall, Belajar Sambil Nge-game (Penilaian Harian Bulutangkis) #1

I Komang Adi Suanditha, S.Pd 

Apabila mengalami kendala silahkan klik Wordwall, Belajar sambel nge-game (Penilaian Harian Bulutangkis) #1


Wordwall, Belajar Sambil Nge-game (Penilaian Harian Bulutangkis) #2

I Ketut Merta, S.Pd 

Apabila mengalami kendala silahkan klik Wordwall, Belajar sambel nge-game (Penilaian Harian Bulutangkis) #2


Wordwall, Belajar Sambil Nge-game (Penilaian Harian Bulutangkis) #3

I Komang Sumardana, S.Pd 

Apabila mengalami kendala silahkan klik Wordwall, Belajar sambel nge-game (Penilaian Harian Bulutangkis) #3

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Wordwall, Belajar Sambil Nge-GameShow Quiz (Penilaian Harian Bulutangkis)"

Post a Comment