Materi Atletik (Lari Jarak Pendek Sprint 100 meter)

Lari Jarak Pendek (Sprint)
Lari jarak pendek atau sprint adalah salah satu jenis lari yang dilakukan dengan kekuatan dan kecepatan penuh sepanjang garis lintasan dari start hingga finish dimana pemenangnya ditentukan berdasarkan catatan waktu yang paling singkat.Terdapat tiga jarak lintasan yang dilombakan pada lari jarak pendek, yaitu lari jarak 100 meter, 200 meter dan 400 meter.
Untuk mendapatkan kemenangan, seorang pelari jarak pendek membutuhkan reaksi yang cepat, kecepatan yang baik, lari yang efisien dan ketepatan saat melakukan start, serta berusaha mempertahankan kecepatan dari awal hingga mencapai garis finish (Widodo, 2010).

a. Pengetahuan Dasar Lari Jarak Pendek
Sebelum melangkah ke teknik berlari cepat, seorang pelari harus mengetahui pengetahun dasar berlari cepat atau lari jarak pendek. Menurut Bompa (1999), hal-hal dasar yang harus diketahui pelari jarak pendek adalah sebagai berikut:
  1. Tubuh sedikit condong ke depan saat berlari, kedua lengan sedikit fleksi 90 derajat dan diayunkan searah dengan gerakan saat berlari.
  2. Otot-otot bagian depan dan kedua lengan tetap dalam keadaan rilek.
  3. Tungkai bawah ditolakan dengan kuat sampai lurus, dan pengangkatan pada depan diusahakan sampai posisi sejajar dengan tanah.
  4. Pinggang tetap dalam posisi ketinggian yang sama selama berlari.
  5. Ketika mencapai finish, badan dicondongkan dengan serentak ke depan untuk mengantarkan bagian dada menyentuh pita.
b. Teknik Start Lari Jarak Pendek

Start adalah suatu persiapan awal seorang pelari sebelum melakukan gerakan berlari. Tujuan utama dari start dalam lari jarak pendek adalah mengoptimalkan pola lari cepat (Purnomo 2007: 23). Terdapat tiga macam teknik start dalam lari jarak pendek, yaitu sebagai berikut:

1. Start Pendek (Bunch Start).
Kaki kiri di depan dan lutut kaki kanan diletakkan di sebelah kaki kiri sekitar satu kepal. Kedua tangan diletakkan di belakang garis start dengan jari-jari rapat dan ibu jari terpisah.

Gambar 01. Start Pendek
2. Start Menengah (Medium Start).
Kaki kiri di depan, lutut kaki kanan diletakkan di sebelah kanan tumit kaki kiri jaraknya sekitar satu kepal. Kedua tangan diletakkan diletakkan di belakang garis start dengan empat jari-jari rapat. Ibu jari terpisah.
Gambar 02. Start Menengah

3. Start Panjang (Long Start).
Kaki kiri diletakkan di depan lutut kaki kanan di belakang kaki kiri, jaraknya sekitar satu kepal. Kedua tangan diletakkan di belakang garis start dengan jari-jari rapat dan ibu jari terpisah.
Gambar 03. Start Panjang

Menurut Bompa (1999), terdapat tiga urutan atau langkah-langkah teknik start lari jarak pendek, yaitu dijelaskan berdasarkan aba-aba sebagai berikut:
a)  Aba-aba bersedia
Gambar 04. Gerakan Lari Aba-aba Bersedia

Setelah starter memberikan aba-aba bersedia, maka pelari akan menempatkan kedua kakinya menyentuh blok depan dan belakang, kemudian lutut kaki belakang diletakkan di tanah, terpisah selebar bahu. Jari-jari tangan membentuk V terbalik dan kepala dalam keadaan datar dengan punggung, sedangkan mata tetap menatap lurus ke bawah.
b)  Aba-aba siap
Gambar 05. Gerakan Lari Aba-aba Siap

Setelah ada aba-aba siap, posisi badan seorang pelari adalah lutut ditekan ke belakang, lutut kaki depan ada dalam posisi membentuk sudut siku-siku 90 derajat, sedangkan kaki belakang pelari membentuk 120-140 derajat. Dan posisi pinggang sedikit diangkat lebih tinggi dari bahu, tubuh sedikit condong ke depan, serta bahu agak maju ke depan dari dua tangan.

c)  Aba-aba Yaak
Setelah seorang starter memberikan aba-aba, maka gerakan seorang pelari adalah badan diluruskan dan diangkat pada saat kedua kaki menolak atau menekan keras pada start blok, dan kedua tangan diangkat dari tanah secara bersamaan untuk kemudian diayunkan bergantian. Kaki belakang mendorong lebih kuat, dorongan kaki depan sedikit demi sedikit, namun tidak lama, kaki belakang diayunkan ke depan dengan cepat sedangkan badan condong ke depan, lutut dan pinggang diluruskan penuh pada saat akhir dorongan.
Gambar 06. Gerakan Aba-aba Yaak

c. Teknik Lari Jarak Pendek

Menurut Purnomo (2007:33), terdapat dua tahap dalam berlari cepat, yaitu dijelaskan sebagai berikut:

a) Fase Topang
Fase topang bertujuan untuk memperkecil hambatan saat menyentuh tanah dan memaksimalkan dorongan ke depan. Fase topang terdiri dari topang depan dan topang dorong. Adapun tekniknya adalah sebagai berikut:
  1. Mendarat pada telapak kaki.
  2. Lutut kaki topang bengkok harus minimal pada saat amortasi.
  3. Kaki ayun dipercepat, pinggang, sendi lutut dan mata kaki dari kaki topang harus diluruskan kuat-kuat pada saat bertolak.
  4. Paha kaki ayun naik dengan cepat ke suatu posisi horizontal.
 Gambar 07. Fase Topang
b) Fase Layang

Fase layang bertujuan untuk memaksimalkan dorongan ke depan dan untuk mempersiapkan suatu penempatan kaki yang efektif saat menyentuh tanah. Adapun tekniknya adalah sebagai berikut:
  1. Lutut kaki ayun bergerak ke depan dan ke atas.
  2. Lutut kaki topang bengkok dalam fase pemulihan, ayunan lengan aktif namun rilek.
  3. Kaki topang bergerak ke belakang.
 Gambar 08. Fase Layang
d. Teknik Melewati Garis Finish

Pelari dikatakan sudah mencapai garis finish, apabila bagian-bagian tubuhnya sudah dalam bidang vertikal dari sisi terdekat garis finish, sesuai dengan peraturan dan garis yang telah disediakan. Bagian tubuh yang dimaksud adalah kepala, leher, lengan dan kaki.
Menurut Muhtar (2011:14), terdapat tiga teknik pada saat melewati garis finish pada lari jarak pendek, yaitu:
  1. Menjatuhkan dada ke depan.
  2. Menjatuhkan salah satu bahu ke depan.
  3. Lari secepat-cepatnya sampai beberapa meter melewati garis finish.


Gambar 09. Memasuki Garis Finish

Teknik yang sering dilakukan adalah dengan menjatuhkan dada ke depan apabila ada beberapa pelari yang bersamaan melewati garis finish, maka pelari yang anggota tubuhnya menyentuh pita terlebih dahulu merupakan pemenangnya.
Agar lebih jelas simak video teknik lari jarak pendek berikut ini.

e. Peraturan Perlombaan Lari Jarak Pendek

Peraturan perlombaan lari jarak pendek diatur dan ditetapkan oleh induk organisasi atletik internasional IAAF (International Amateur Atloetik Federation) atau tingkat nasional PASI (Persatuan Atletik Seluruh Indonesia).

a) Peraturan Perlombaan
  1. Garis start dan finish dalam lintasan lari ditunjukkan dengan sebuah garis selebar 5 cm siku-siku dengan batas tepi dalam lintasan. Jarak perlombaan harus diukur dari tepi garis start ke tepi garis fnish terdekat dengan garis start.
  2. Aba-aba yang digunakan dalam lomba lari jarak pendek adalah "bersedia", "siap" dan "ya" atau bunyi pistol.
  3. Semua peserta lomba lari mulai berlari pada saat aba-aba "ya" atau bunyi pistol yang ditembakkan ke udara.
  4. Peserta yang membuat kesalahan pada saat start harus diperingatkan (maksimal 3 kali kesalahan).
  5. Lomba lari jarak pendek pada perlombaan besar dilakukan empat tahap, yaitu babak pertama, babak kedua, babak semi final, dan babak final.
  6. Babak pertama akan diadakan apabila jumlah peserta banyak, pemenang I dan II tiap heat berhak maju ke babak berikutnya.
b) Diskualifikasi atau Hal-hal yang Dianggap Tidak Sah
Hal-hal yang dianggap tidak sah dalam lari jarak pendek yaitu:
  1. Melakukan kesalahan start lebih dari tiga kali.
  2. Memasuki lintasan pelari lain.
  3. Mengganggu pelari lain.
  4. Keluar dari lintasan.
  5. Terbukti memakai obat perangsang.
c) Sarana dan Peralatan Lari Jarak Pendek
  1. Lintasan. Perlombaan lari jarak pendek dilakukan di lapangan yang dibuat lintasan atau ban. Lintasan atau ban perlombaan jumlahnya ada delapan buah. Lebar setiap lintasan berukuran 1,22 meter.
  2. Peralatan. Alat yang digunakan dalam perlombaan lari jarak pendek, misalnya sepatu spikes, start block, tiang finish, stopwatch, dan bendera start atau pistol.


Subscribe to receive free email updates:

39 Responses to "Materi Atletik (Lari Jarak Pendek Sprint 100 meter) "

  1. Nama: NI MADE SANJI RAHAYU
    No : 30
    Kelas: XI TKJ 1
    KOMENTAR: Materinya bisa dipahami dengan jelas

    ReplyDelete
  2. Nama:Ni Ketut Ari Agustini
    Kelas: XITKJ1
    Absen:19
    Komentar:Materinya singkat ,namun sangat jelas dan sangat mudah untuk dipahami

    ReplyDelete
  3. Nama: Ni Komang Utari Juniati
    No : 25
    Kelas: XI TKJ 1
    KOMENTAR:DARI VIDIO YANG SAYA TONTON DI ATAS, SAYA DAPAT MEMAHAMI BAGAIMANA POSISI SAAT BERLARI, KEMUDIAN SAAT MENUJU FINIS, NAMUN SAYA MERASA VIDIONYA TERLALU CEPAT SAMAI SAYA TIDAK BISA MELIHAT START DENGAN JELAS, TAPI SYA DAPAT BELAJAR DARI VIDIO TERSEBUT, TRIMAKASIH

    ReplyDelete
  4. Nama: I Komang Budiarta Diva
    Kelas : XI TKJ1
    No Absen : 06
    Komentar : Dari blog ini saya mendapatkan materi yg cukup terperinci dan materi yg disajikan pun cukup lengkap mudah di pahami dan sangat bermanfaat untuk kalangan pelajar seperti saya.

    ReplyDelete
  5. Nama : Ni Kadek Dwi Jayanti
    No : 17
    Kelas : XI TKJ 1
    Komentar : Dari blog ini memudahkan saya untuk memahami materi lari jarak pendek dan vidoenya membantu saya mengetahui bagaimana langkah-langkahnya.

    ReplyDelete
  6. Nama:ni Komang Eka Rahayu
    No:20
    Kelas:XI tkj¹
    Komentar:dari blog ini saya mudah untuk memahami dan lebih mengerti.

    ReplyDelete
  7. Nama: I WAYAB SUDIARTANA
    No:13
    Kelas: XI TKJ 2
    komentar: Materinya sangat bisa dipahami dengan diisi vidio sangat matao jiwa

    ReplyDelete
  8. Nama : i kadek andi kencana
    No : 03
    Kelas : XI TKJ2
    Koment : dari blog ini saya mudah memahami materi ini... materinya juga di jelaskan semua dari pengertian, tehnik , peraturan,dan yg lainnya tentang lari jarak pendek...

    ReplyDelete
  9. Nama : I Made Sukradi Adnyana Putra
    No :08
    Kelas : XI TKJ 2
    Komentar :dari materi ini kita mudah memahami apa itu lari jarak pendek dan dan teknik-tekniknya . Dan juga dari blog ini kita bisa cepat mengerti dibandingkan membaca di buku

    ReplyDelete
  10. Nama: I Nyoman Agus Sukerna
    No : 09
    Kls : XI TKJ 2
    Komentar: dari blog ini saya mudah mengerti pembelajaran yg diberikan

    ReplyDelete
  11. Nama : Komang Nanda Angga Reza
    No : 15
    Kelas : XI TKJ 2
    Komentar : Dari blog ini materi di atas ,sangat mudah di pahami dan mudah di mengerti.

    ReplyDelete
  12. Nama : I Wayan Restama Yasa
    Kelas : XI TKJ 2
    Nomor : 12
    Komentar : dari blog ini saya mendapatkan materi tentang lari jarak pendek, dari pengertiannya, macam" start yg digunakan, sikap saat melakukan lari dan saat finish, serta peraturan lomba lari jarak pendek

    ReplyDelete
  13. Nama : IGEDE NGURAH AGUSTINA
    N0 : 01
    kelas : xl tkj2
    Komentar : dari vido yg menjelaskan matri pelajaran lebih mudah di pahami dan lebih mudah di peraktek kan ketimbang melihat cara atau tutoriyal di buk

    ReplyDelete
  14. Nama:I Gede Astawa
    No:02
    Kls:
    Komentar:Dari blog di atas, saya lebih mudah memahami materi tersebut.

    ReplyDelete
  15. Nama : Ikadek Arya Natha
    No : 04
    Kls : XITKJ²
    KOMENTAR :Dari blog ini saya dengan mudah mengerti dan memahami materi ini

    ReplyDelete
  16. Nama: i komang merta yasa
    No. : 7
    Kls : XI TKJ 2
    Komentar: Dari blog di atas,saya lebih mudah memahami dan meplajari materi ttng lari jrk pendek,dari pengertiananya,terdapat macam" start,sikap saat melakukan lari dan finis,start yg bisa digunakan,dan peraturan yg ada dalam perlombaan lari jark pendek

    ReplyDelete
  17. Nama: Niluh Eka Puspita sari
    No: 30
    Kls: XI TKJ 2

    komentar : materi yg d berikan sangat jelas, dan juga d tambah dengan Vidio yg di berikan dri mulai dari pengertian, tehnik,peraturan tentang lari jarak pendek

    ReplyDelete
  18. Nama ni ketut sriartini
    Absen 24
    Kelas XI tkj2
    Komentar:materi mudah dipahami dgn video yg jelas dan tidak berbelit belit

    ReplyDelete
  19. Nama : Ni Kadek Diana Yanti
    No : 18
    Kelas : XI TKJ 2
    Komentar : Dari weblog ini materi yang dijelaskan singkat dan jelas, sehingga lebih memudahkan saya untuk memahami mengenai materi lari jarak pendek

    ReplyDelete
  20. Nama: Ni Luh Sariasih
    No : 32
    Kelas: XI TKJ2
    Komentar: Dari blog di atas saya mendapat materi lari jarak pendek,dan materinya sangat mudah di mengerti

    ReplyDelete
  21. Nama : Ni Komang Anita
    No : 26
    Kls : XI TKJ2
    Komentar : Dari materi Atletik Lari Jarak Pendek dan diisi vidio juga, lebih memudahkan untuk memahami materi tersebut.

    ReplyDelete
  22. Nama:ni ketut aris vamila dewi
    No : 21
    Kls :XI tkj 2
    Komentar:dari materi dan vidio yang saya tonton memudahkan saya untuk memahami materi.

    ReplyDelete
  23. Nama: Ni Putu Murniasih
    Absen:33
    Kls : XI Tkj2
    Komentar :Dri blog ini saya mudah mengerti dan mudah memehami dengan diisi vidio

    ReplyDelete
  24. Nama:Ni kadek ayu kongsuwi novi apriliani
    No:17
    Kls:XI Tkj 2
    Komentar:Dari blog di atas,saya lebih mudah memahami dan meplajari materi ttng lari jrk pendek,dari pengertiananya,terdapat macam" start,sikap saat melakukan lari dan finis,start yg bisa digunakan,dan peraturan yg ada dalam perlombaan lari jark pendek

    ReplyDelete
  25. Nama: kadek febri laksmi anggreningsih
    No : 14
    kelas: XI TKJ2
    Komentar: dari blog ini saya dapat lebih memahami materi yang di berikan dan penyampaian nya juga cukup jelas dan singkat

    ReplyDelete
  26. Nama: kadek febri laksmi anggreningsih
    No : 14
    kelas: XI TKJ2
    Komentar: dari blog ini saya dapat lebih memahami materi yang di berikan dan penyampaian nya juga cukup jelas dan singkat

    ReplyDelete
  27. Nama: Ni Ketut Putri Apriliani
    No. 23
    Kelas: XI TKJ2
    Komentar: Dari materi tersebut saya bisa dengan mudah memahaminya.

    ReplyDelete
  28. Nama : ni luh desiani
    Absen 29
    Kls : XI tkj 2
    Komentar : dari blog ini sangat mudah untuk saya mengerti dan memapahami materi yang disampaikan

    ReplyDelete
  29. Nama :Ni Luh Ari Widiantari
    Kelas:XI TKJ 2
    No.absen: 28
    Komentar:Dari materi diatas membuat saya lebih paham karena berisi video,dan materinya mudah saya pahami karena singkat dan tidak berbelit-belit

    ReplyDelete
  30. Nama:Ni Luh Winariyani
    Kelas:XITKJ2
    Absen:32
    Komentar:dari blog ini saya dpt dngn mudah memahami materi tentang lari jarak

    ReplyDelete
  31. Nama:Ni Luh Winariyani
    Kelas:XITKJ2
    Absen:32
    Komentar:dari blog ini saya dpt dngn mudah memahami materi tentang lari jarak

    ReplyDelete
  32. Nama:Ni Luh Winariyani
    Kelas:XITKJ2
    Absen:32
    Komentar:dari blog ini saya dpt dngn mudah memahami materi tentang lari jarak

    ReplyDelete
  33. Nama:I KETUT JEMEN DIANTARA
    NO : 05
    KLS :XI TKJ 2
    KOMENTAR:

    ReplyDelete
  34. Nama : I KETUT JEMEN DIANTARA
    NO : 05
    KLS : XI TKJ 2
    KOMENTAR:dari blog ini saya dapat dengan mudah memahami materi tentang lari jarak

    ReplyDelete
  35. Nama : I Wayan Margita
    Kelas : XI TKJ2
    No. : 11
    Komentar:dari blog ini saya dpt dngn mudah memahami materi tentang lari jarak

    ReplyDelete
  36. Nama : I Komang Agus Aryantha
    No: 08
    Kls : Xl TKJ 1
    Komentar :dari blog ini saya dapat dengan mudah memahami materi tentang lari jarak

    ReplyDelete